Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Piercing 

Griska Laras,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Piercing 
Image: Piercing/Freepik by halayalex

Jakarta - Piercing (menindik) telinga atau bagian tubuh lain merupakan salah satu bentuk ekspresi diri yang dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki. 

Jika kamu mau mencoba piercing, kamu perlu riset lebih dulu untuk mendapat hasil terbaik. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan piercing.  

1. Konsultasi ke dokter 

1614233868-ilustrasi-konsul-dokter.jpgSumber: Ilustrasi konsultasi ke dokter. (Freepik/jcomp)

Menurut ahli kulit di Northwestern University Feinberg School of Medicine, masalah paling umum setelah melakukan tindik adalah infeksi bakteri. Infeksi bekas tindik bisa menimbulkan sejumlah komplikasi seperti pembentukan abses hingga luka parut atau keloid.

Sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum pergi ke studio piercing. Terlebih lagi, jika kamu memiliki riwayat penyakit yang punya risiko infeksi tinggi seperti diabetes. 

2. Riset studio piercing yang aman 

1641781746-Piercing-SAVA-86.jpegSumber: Piercing/Freepik by SAVA

Meriset tempat atau studio yang aman jadi hal paling penting sebelum piercing. Pilihlah tempat tindik yang berlisensi dan terpercaya. Jangan tergiur dengan studio yang menawarkan harga lebih murah. 

Pastikan juga jarum dan peralatan untuk menindik bagian tubuhmu steril dan higienis ya, Urbanreaders. Sebab alat tindik ataupun teknik yang tidak bersih bisa meningkatkan risiko penularan penyakit hepatitis, tetanus, hingga HIV/AIDS. 

3. Pertimbangkan bagian tubuh yang akan ditindik

1641781758-piercing-wirestock.jpegSumber: Piercing/Freepik by Wirestock

Telinga merupakan bagian tubuh yang paling umum untuk pemasangan tindik. Tapi ada juga yang memasang tindik di lidah, alis, bibir, hingga pusar. Tiap bagian tubuh tentunya memiliki risiko, rasa sakit, dan perawatan yang berbeda. 

Terlepas dari bagian tubuh mana yang ingin dipasangi tindik, kamu perlu pertimbangkan baik-baik supaya tidak menyesal di kemudian hari.

4. Ketahui logam yang membuatmu alergi

1641781740-ear-piercing-little-prince-2.jpegSumber: Ear piercing/Freepik by Little Prince 2

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap logam tertentu. Akibatnya bisa menyebabkan gatal, kemerahan, hingga infeksi. Untuk menghindari hal ini, pilihlah perhiasan dengan material logam emas, titanium, dan niobium untuk menghindari iritasi. 

5. Makan yang cukup 

1614086379-pexels-photo-936611.jpeg-pixabay-by-Trang-Doan.jpegSumber: Ilustrasi makanan yang membuat kamu puas (pixabay/Trang Doan)

Piercing bisa jadi pengalaman yang cukup menegangkan bagi sebagian orang. Karena itu, kamu dianjurkan makan dua jam sebelum prosedur dimulai agar punya cukup energi. Menurut Secret Ink, makan sebelum ditindik bisa menjaga gula darah tetap stabil sehingga mencegah pusing atau pingsan saat ditindik. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait