beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Hobi Anak Muda Ini Ternyata Punya Sertifikasi Resmi

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Hobi Anak Muda Ini Ternyata Punya Sertifikasi Resmi
Image: Freepik/jcomp

Jakarta - Beberapa hobi ternyata bisa dijadikan sebagai profesi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah loh, Urbanreaders. Terlebih jika kamu memiliki sertifikasi resminya. Menarik bukan?

Kamu bisa bekerja sekaligus melakukan kegiatan yang disukai dalam satu waktu. Kondisi ini sangat menguntungkan karena kamu akan sulit merasa bosan. Kamu akan menikmati pekerjaan karena menyukai kegiatan tersebut.

Nah, kira-kira hobi apa saja ya yang punya sertifikasi resmi hingga bisa jadi profesi? Yuk, simak di bawah ini!

1. Make-up

1657098836-Makeup-artist.jpgSumber: Freepik/lookstudio

Disukai banyak wanita hingga ramai dijadikan hobi, ternyata aktivitas merias wajah atau make-up memiliki sertifikasi resmi. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengikuti berbagai kursus yang tersedia. Sertifikasi akan mendarat di tangan setelah kamu lulus tes di tempat kursus tersebut.

Jika punya sertifikasi, hobi make-up kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kamu bisa menjadi make-up artist (MUA) profesional.

2. Fotografi

1657099031-Forografer-(1).jpgSumber: Freepik/Freepik

Seorang fotografer profesional biasanya sudah memiliki sertifikat resmi serta berbagai piagam penghargaan sebagai alat branding-nya. Sertifikasi ini dikelola oleh LESKOFI (Lembaga Sertifikasi Uji Kompetensi Fotografi Indonesia).

Jadi, kamu bisa menekuni hobimu ini hingga menjadi fotografer andal, ya. Nantinya kamu berkesempatan menerima banyak tawaran pekerjaan untuk memotret berbagai momen penting, seperti pernikahan atau acara-acara besar lainnya. 

3. Meracik Kopi

1657099318-Barista-(1).jpgSumber: Freepik/chokniti

Nah, hobi selanjutnya ini cukup digandrungi oleh sejumlah kalangan muda ya, Urbanreaders. Pasalnya, saat ini pekerjaan menjadi seorang barista kopi banyak dibutuhkan seiring berkembangnya bisnis yang bergerak di bidang F&B, khususnya cafe.

Buat kamu yang gemar mengonsumsi kopi atau bahkan andal dalam meraciknya, boleh banget nih mengikuti berbagai kompetisi barista agar bisa meningkatkan skill kamu. Di Tanah Air, ada Lembaga Sertifikasi Profesi Kopi Indonesia yang kerap melakukan uji standar kompetensi profesi yang berkaitan dengan kopi. So, tunggu apa lagi? Segera ikutan yuk!

4. Diving

1657099571-Diving-(1).jpgSumber: Freepik/tirachard

Well, kegiatan menyelam tidak bisa dilakukan oleh orang-orang sembarangan ya, Urbanreaders. Sebab, menyelam ke dalam lautan akan sangat berbahaya jika tidak didampingi oleh profesional. 

Nah, jika kamu punya hobi diving, maka kamu bisa mengikuti pelatihan dan mencapai persyaratan kompetensi dari organisasi Scuba Diving Internasional, seperti Professional Association of Diving Instructors (PADI) atau Scuba Schools International (SSI) yang nantinya mengeluarkan sertifikat untukmu ketika lulus. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait