menu
user
URguide

5 Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Saat Musim Hujan

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Saat Musim Hujan
Image: Ilustrasi olahraga. (Freepik)

Jakarta - Musim hujan bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan nih guys. Walaupun, hawa dingin saat musim hujan seringkali membuat orang jadi malas untuk beraktivitas termasuk berolahraga.

Menggerakan tubuh dengan cara berolahraga sangatlah dibutuhkan untuk menjaga stamina diri agar tetap fit. Nggak cukup dengan asupan vitamin, tubuh juga perlu digerakan supaya otot-otot nggak kaku nantinya.

Ada banyak jenis olahraga yang tetap bisa kamu lakukan saat musim hujan tiba. Berikut lima rekomendasi jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat musim hujan versi Urbanasia.

1. Jogging

Hujan bukanlah alasan untuk kamu malas berolahraga, sebab kamu bisa melakukan spot jogging dengan memanfaatkan ruangan tertentu yang ada di dalam rumah. Nggak perlu lama-lama, kamu bisa kok melakukan spot jogging beberapa menit sebelum kamu melakukan aktivitas lainnya seperti bekerja ataupun belajar. Latihan Sederhana ini bisa membantu membakar lemak perut dan pahamu. Selain itu, gerakan ini juga dapat membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

2. Skipping

Sempatkanlah waktu beberapa menit untuk berolahraga skipping atau lompat tali sebelum beraktivitas. Olahraga skipping dapat meningkatkan kebugaran saluran napas, fleksibilitas, dan koordinasi otot tubuh.

Nggak cuman itu, skipping juga bisa memberikan dampak positif pada tinggi badan dan penurunan berat badan loh. Cocok nih buat kamu yang lagi menjalankan program diet, berolahraga skipping selama satu jam mampu membakar kalori sebanyak 560 kkal.

3. Yoga

1614005711-pexels-photo-6707459.jpeg-yoga-pixabay-by-Mikhail-Nilov.jpegSumber: Ilustrasi yoga. Sumber: Pinterest/ festival brides.

Untuk melakukan Yoga, kamu nggak perlu mengkhawatirkan cuaca. Sebab, olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan didalam ruangan.

Yoga bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa. Selain bisa membuat mu nyaman, Yoga juga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan fleksibel. Melakukan Yoga selama satu jam bisa membakar kalori hingga 280 kkal.

4. Pilates

Selain Yoga, kamu juga bisa melakukan Pilates ketika musim hujan tiba. Olahraga yang satu ini menekan pada pengembangan tubuh melalui kekuatan inti, fleksibilitas dan gerakan yang anggun.

Bentuk latihan ini juga terbilang sederhana, karena dapat dilakukan hanya dengan tikar Pilates, bahkan dalam waktu satu jam olahraga yang satu ini dapat membakar kalori mu sebanyak 260 kkal. Menarik untuk dicoba nih guys.

5. Plank

1614005427-pexels-photo-3823063.jpeg-plank-pixabay-byelly-fairytale.jpegSumber: Ilustrasi latihan plank. Sumber: pixabay/ Byellyfairytale.

Olahraga yang satu ini terkenal sebagai jenis olahraga yang memperkuat otot perut. Kamu bisa melakukan latihan Plank di mana pun dan dalam cuaca apapun.

Posisi Plank hampir mirip dengan posisi push up. Bedanya, kamu harus menahan posisi perut lalu kemudian tekuk lengan dan taruh di lantai, tahan hingga beberapa detik, minimal 30 detik. Melakukan Plank bisa membakar sekitar 350 kalori dalam satu jamnya.

Selain lima jenis olahraga di atas, masih banyak loh jenis olahraga lain yang bisa kamu lakukan dirumah selama musim hujan tiba. Apapun olahraganya, usahakan untuk memilih jenis olahraga yang tepat dan selalu hidrasi tubuh setiap saat supaya tetap sehat. Selamat mencoba guys!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait