Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Kandungan dalam Makeup yang Nggak Ramah Buat Kulit Sensitif

Itha Prabandhani,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kandungan dalam Makeup yang Nggak Ramah Buat Kulit Sensitif
Image: Ilustrasi kulit sensitif/Freepik:drobotdean.

Jakarta - Buat pemilik kulit sensitif, menemukan makeup yang cocok bakal menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, saat ini begitu banyak merek makeup dan produk kosmetik yang menawarkan berbagai manfaat buat kulit.

Macam-macam manfaat yang ditawarkan kadang bikin penasaran buat nyobain. Tapi, kalau kulitmu sensitif, kamu perlu hati-hati untuk mencoba produk baru. Perhatikan dulu kandungan dalam makeup yang bisa membahayakan kulitmu. Apa saja kandungan yang berbahaya itu? Berikut ulasan yang dilansir dari Byrdie.

1. Minyak dalam Foundation

1615516488-minyak-kemiri---sergio-pulp.jpgSumber: Minyak kemiri. (Freepik/sergio pulp)

Kalau kulitmu gampang jerawatan, sebaiknya kamu memilih foundation yang bebas kandungan minyak. Kandungan minyak ini dapat menyumbat pori-pori kamu, sehingga rentan bikin kamu breakout parah. Kandungan minyak bakal bikin kulitmu susah bernapas dan jerawatmu makin sulit dihilangkan.

2. Alkohol dalam Concealer

1617679721-rekomendasi-concealer---freepik-lookstudio.jpgSumber: Rekomendasi concealer/Freepik Look Studio

Beberapa merek concealer menggunakan kandungan alkohol di dalamnya. Alkohol akan membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi. Kulit sensitifmu bakal menjadi lebih rusak karena paparan alkohol.

3. Parfum dalam Kosmetik

1590660303-16-43-13-cosmetics-1063134--480.jpgSumber: Ilustrasi kosmetik. (Pixabay)

Produk makeup seperti lipgloss, lipstik, dan juga bedak, tak jarang dilengkapi dengan kandungan fragrance atau parfum. Memang sih, harumnya produk-produk ini bikin kamu merasa nyaman saat menggunakannya. Namun, kandungan parfum dalam produk makeup seperti sulfat dan sulfida, dapat bereaksi buruk pada kulit sensitifmu.

4. Talc pada Bedak

penggunaan-bedak-freepik-by-valuavitaly.jpgSumber: Ilustrasi penggunaan bedak tabur. (Freepik/Valuavitaly)

Talc adalah kandungan yang berbahaya buat kulit sensitif. Penggunaan bedak tabur yang mengandung talc bisa menyebabkan gesekan dan iritasi pada kulitmu. Kandungan ini terdapat pada sejumlah produk setting powder yang banyak beredar di pasaran.

5. Chemical Sunscreen

1614739313-tabir-surya---freepik-soslukin.jpgSumber: Ilustrasi sunscreen (soslukin/Freepik)

Chemical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan cara menyerap sinar UV masuk ke dalam kulit dengan reaksi kimia. Reaksi kimia tersebut adalah untuk mengubah sinar UV menjadi panas, kemudian melepaskan panas itu dari kulit.

Jenis tabir surya ini biasanya lebih mudah digunakan pada kulit dan tidak meninggalkan noda putih saat digunakan. Namun, proses kimia dari sunscreen ini dapat mengakibatkan iritasi dan peradangan buat kulit berjerawat.

Sebaliknya, pilihlah mineral sunscreen yang lebih aman buat kulitmu. Mineral sunscreen atau physical sunscreen, terbuat dari bahan mineral alami seperti titanium dioxide dan zinc oxide, yang bekerja diatas permukaan kulit untuk memantulkan sinar UV.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait