beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Kandungan Skincare yang Sebaiknya Nggak Dipakai di Kulit Kering

Izzah Putri Jurianto,
15 November 2022 15.27.25 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kandungan Skincare yang Sebaiknya Nggak Dipakai di Kulit Kering
Image: Ilustrasi kulit wajah (pexels/andreapiacquadio)

Jakarta – Jenis-jenis kulit yang umumnya dimiliki oleh wanita Indonesia adalah kulit kering, kombinasi, dan berminyak. Kulit kering adalah sebuah kondisi kulit yang terasa seperti ditarik secara konstan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya produksi pelindung alami kulit.

Untuk kulit kering sendiri, kamu tidak bisa memilih jenis skincare dengan sembarangan. Sebab, beberapa bahan di dalamnya justru berpotensi bikin kulitmu makin kering, mengelupas, bahkan iritasi. Tandai lima kandungan skincare ini agar kamu bisa lebih berhati-hati, yuk.

1. Alkohol 

1665048947-Ilustrasi-Produk-Skincare.jpgSumber: Ilustrasi produk skincare. (Pexels/sorashimazaki)

Percaya nggak percaya, beberapa produk skincare ada yang punya kandungan alkohol di dalamnya. Biasanya, untuk menandai alkohol, kamu bisa mencari label bahan bertuliskan methanol, ethanol, atau ethyl. Skincare punya kandungan alkohol bukanlah tanpa alasan, sebab bahan ini sebenarnya mampu menghilangkan kotoran serta minyak yang menumpuk di pori-pori.

Sayangnya, penggunaan alkohol di kulit kering justru membuat kondisinya makin kering. Bahkan, bahan ini sangat mungkin menyebabkan rasa gatal, kemerahan, dan iritasi. Selain itu, kulit kering berpotensi jadi lebih sensitif jika terekspos oleh skincare yang mengandung alkohol.

2. Salicylic Acid

1662544258-Ilustr.jpgSumber: ilustrasi pemakaian skincare (Foto: Freepik/artursafronovvvv)

Salicylic acid merupakan senyawa yang umum ditemukan pada skincare. Senyawa ini adalah turunan dari aspirin, yang fungsi utamanya adalah untuk mengurangi terjadinya radang di kulit. Umumnya, salicylic acid dapat ditemukan dalam obat jerawat, exfoliating toner, exfoliating serum, bahkan facial wash.

Meski dikenal efektif untuk menghempas jerawat dari kulit, bahan ini tidak ramah untuk kulit kering, loh. Terlalu banyak menggunakan skincare dengan bahan salicylic acid dapat membuat kulit jadi kemerahan, bahkan mengelupas. Alih-alih menggunakan facial wash dengan bahan satu ini, pilihlah produk yang berbasis minyak karena sifatnya lebih lembut untuk membersihkan wajah.

3. Retinol

1617673950-retinol---freepik-photodiod.jpgSumber: Retinol/Freepik by Photo Diod

Siapa sangka kalau bahan skincare yang satu ini kurang bagus untuk kulit kering? Padahal, manfaat yang diberikan oleh retinol sangat luar biasa. Mulai dari melawan tanda-tanda penuaan di kulit, sampai merangsang pertumbuhan kolagen.

Walau begitu, hal ini tak berarti bahwa kulit kering harus menghindari retinol sepenuhnya. Kamu masih bisa menggunakan skincare dengan kandungan tersebut, hanya saja dengan konsentrasi yang rendah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan skincare yang bisa menghidrasi kulit, ya.

4. Benzoyl-peroxide

1662449944-2.jpgSumber: ilustrasi skincare (Foto: Freepik/jJComp)

Katanya, benzoyl-peroxide merupakan salah satu bahan skincare yang bekerja dengan baik untuk melawan pertumbuhan jerawat. Sebab, bahan ini punya sifat anti bakteri, yang berguna untuk menghempas kulit mati. Produksi minyak berlebih di wajah pun bisa diatasi dengan menggunakan benzoyl-peroxide, loh.

Meski multifungsi, sayangnya kulit kering tidak bisa terlalu sering menggunakan bahan ini di wajah. Hal ini dikarenakan sifatnya yang bisa menyerap minyak alami di wajah, padahal kulit kering pada dasarnya memang hanya memproduksi sedikit sebum. Risiko lain yang mungkin muncul adalah kulit iritasi, kemerahan, hingga kering ekstrim.

5. Parfum

1661239620-DIY-Skincare.jpgSumber: Ilustrasi - Skincare (Pixabay)

Salah satu bahan skincare yang sangat umum kita jumpai adalah parfum. Tanpa parfum, sebuah produk rasanya masih kurang, sebab tidak ada wewangian khas yang bisa dirasakan oleh pengguna. Walau begitu, keberadaan parfum dalam skincare bukanlah hal yang bagus.

Justru, kulit kering sangat rentan terhadap bahan skincare yang satu ini. Risiko paling parah yang bisa dirasakan adalah kulit yang bersisik, terkelupas, dan gatal-gatal. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mencari produk skincare yang hanya mengandung sedikit persentase parfum di dalamnya, ya.

Intinya, ada beberapa kandungan skincare yang sama sekali harus kamu hindari, namun ada pula yang masih bisa digunakan dengan syarat-syarat tertentu. Tapi kamu nggak perlu khawatir, Urbanreaders, karena brand kecantikan saat ini sudah makin bervariatif dalam menciptakan produk skincare khusus kulit kering. Nantikan berbagai tips menarik lainnya dari Urbanasia!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait