beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Nggak Mau Kulit Kering? 6 Kebiasaan Ini Harus Dihindari!

Izzah Putri Jurianto,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nggak Mau Kulit Kering? 6 Kebiasaan Ini Harus Dihindari!
Image: Makeup kulit kering (Pexels/pavel-danilyuk)

Jakarta - Sebagai pemilik kulit kering, kamu pasti pernah mengalami hari-hari ketika kulitmu terasa tertarik. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya adalah kurang hidrasi, teknik membersihkan wajah yang salah, atau kandungan skincare yang kurang cocok.

Perawatan kulit kering memang jadi sesuatu yang cukup tricky. Kali ini, Urbanasia akan membagikan beberapa hal yang nggak boleh dilakukan bagi si pemilik kulit kering agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Simak baik-baik, ya!

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

1594799458-bersihkan-muka.jpgSumber: Ilustrasi cuci muka. (freepik)

Mencuci muka disarankan untuk dilakukan 2 kali saja, yakni pagi dan malam hari sebelum tidur. Pada kondisi tertentu, hal ini boleh dilakukan lebih dari 2 kali, misalnya setelah beraktivitas berat seperti olahraga.

Nah, khusus untuk kulit kering, sebaiknya ikuti anjuran untuk mencuci muka 2 kali sehari saja. Karena mencuci muka terlalu sering akan membuat wajahmu yang memang kering, menjadi semakin kering. Salah-salah, bukannya terhidrasi, kulit kamu akan berpotensi untuk mengelupas.

2. Eksfoliasi Setiap Hari

1617673963-eksfoliasi---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Eksfoliasi/Freepik by Wayhome Studio

Melakukan scrub terlalu sering pada wajah akan berdampak buruk untuk kulit. Butiran scrub yang agak kasar dan gesekannya akan berpotensi membuat kulit semakin kering, mengelupas, dan kehilangan minyak alami pada wajah.

Sebenarnya, melakukan scrub pada kulit kering sah-sah saja. Asalkan, kamu harus memilih jenis scrub yang cukup halus butirannya. Selain itu, lakukan scrub maksimal 2 kali saja dalam seminggu agar tidak mengganggu kelembaban kulit.

3. Begadang

1659955691-begadang-freepik.jpgSumber: Ilustrasi begadang. (Freepik/diana-grytsku)

Hayoo, siapa Urbanreaders yang hobinya begadang nih? Begadang ternyata bisa membuat kulitmu kering loh. Kok bisa, ya?

Saat tidur, metabolisme akan bekerja lebih baik, yang tentunya juga dapat menjaga kesehatan kulit. Nah, sebaliknya, begadang bisa membuat kulit kehilangan produksi minyak alaminya. Akhirnya, kulit menjadi kering, deh.

4. Sabun Wajah dengan Kandungan Salicylic Acid

1598322176-sabun-muka-cowok4.jpgSumber: Ilustrasi sabun muka cowok (Freepik)

Meski salicylic acid dikenal bagus untuk kulit, kandungan ini lebih cocok digunakan pada kulit yang berminyak ketimbang kulit kering. Makanya, kamu tidak disarankan untuk menggunakan sabun wajah dengan salicylic acid.

Salicylic acid sendiri berfungsi untuk melakukan eksfoliasi dan peeling, sehingga cenderung memberikan sensasi kering di kulit. Alih-alih salicylic acid, pilihlah sabun wajah ataupun skincare yang punya kandungan hyaluronic acid untuk melembabkan.

5. Skip Moisturizer

1662952327-3.jpgSumber: Pemakaian pelembap (Foto: Pexels/Sorashimazaki)

Moisturizer ibaratnya adalah penyelamat bagi para pemilik kulit kering. Dalam tahapan skincare, jangan sampai kamu skip bagian moisturizer.

Moisturizer punya berbagai manfaat, diantaranya adalah menghidrasi kulit, memperbaiki skin barrier, sampai menenangkan kulit. Makanya, moisturizer harus diaplikasikan secara rutin bahkan sebelum kamu menggunakan sunscreen.

6. Menggunakan Air Hangat untuk Mencuci Muka

1614048784-mandi-air-panas---freepik-torwal-studio.jpgSumber: Ilustrasi mandi air panas/Freepik: Torwal Studio.

Mencuci muka sebaiknya memang dilakukan dengan air suhu normal. Air hangat dapat membuat tingkat kelembaban kulit jadi berkurang. Alhasil, kulit akan menjadi dehidrasi.

Air suhu normal jadi pilihan yang paling pas untuk mencuci wajah. Bahkan air dingin pun juga kurang direkomendasikan karena berpotensi membuat wajah jadi terasa kaku.

Gimana, Urbanreaders? Buat yang tipe kulitnya kering, setelah baca artikel ini pasti jadi punya pengetahuan baru, dong. Selamat merawat kulit di rumah, ya!
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait