Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Kebiasaan yang Bikin Rambut Gampang Rusak

Itha Prabandhani,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kebiasaan yang Bikin Rambut Gampang Rusak
Image: Ilustrasi rambut rusak. Sumber: Freepik

Apakah kamu sering bermasalah dengan rambut rontok dan kusam? Kalau iya, mungkin ada yang salah sama kebiasaan kamu merawat rambut, guys. Perawatan rambut nggak cuma keramas dan pakai conditioner, loh. Kamu juga perlu memastikan rambut kamu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, hindari paparan benda dan bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Misalnya, salah memilih produk perawatan rambut, atau kebiasaan sehari-hari yang tanpa kamu sadari udah bikin rambut kamu jadi rusak.

Nah, biar terhindar dari masalah rambut, yuk kenali beberapa kebiasaan yang bikin rambut kamu gampang rusak.

1. Menyisir Rambut Terlalu Keras

1621664511-rambut-rusak---freepik-opatsuvi.jpgSumber: Ilustrasi menyisir rambut. Sumber: Freepik

Saat rambut kamu agak kusut, jangan paksakan untuk menarik rambut dengan sisir terlalu keras. Kebiasaan ini bisa bikin rambut mudah patah dan rontok. Karena itu, gunakan sisir bergigi jarang dan sisir rambut secara bertahap. Selain itu, pegang bagian atas rambut agar akarnya tidak ikut tertarik.

2. Sering Menguncir Rambut

1621664453-rambut-rusak---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Ilustrasi mengikat rambut. Sumber: Freepik

Menguncir rambut adalah solusi paling gampang saat rambut lagi susah diatur alias bad hair day. Nggak ada salahnya sih menguncir rambut biar tampilan rambut lebih rapi. Namun, pastikan bahwa kamu menggunakan karet rambut yang lembut. Selain itu, hindari mengikat rambut terlalu kencang, agar rambut tidak tertarik dengan keras.

3. Terlalu Sering Keramas

1621664479-rambut-rusak---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi keramas. Sumber: Freepik

Buat kamu yang banyak beraktivitas, pastinya rambut lebih mudah kotor dan berminyak. Alhasil, kamu ingin mencuci rambut setiap kali mandi. Namun, terlalu sering keramas justru akan menghilangkan kelembapan alami rambut, guys. Akibatnya, kulit kepala jadi kering dan mudah berketombe. 

4. Pakai Hair Dryer dan Catokan

1621664466-rambut-rusak---freepik-gpointstudio.jpgSumber: Ilustrasi rambut rusak karena catokan. Sumber: Freepik

Hair Dryer dan catokan adalah dua benda yang sangat berjasa buat bikin rambut rapi dan tampak prepared. Tapi, kedua alat ini juga memiliki efek samping buat kesehatan rambut kamu, guys. Energi panas yang dihasilkannya bisa menimbulkan kerusakan pada rambut seperti rontok, kering, dan kusam. Karena itu, sebaiknya kedua alat ini tidak digunakan setiap hari. Selain itu, aplikasikan vitamin atau smoothing spray sebelum mengeringkan rambut dengan hair dryer atau menggunakan catokan.

5. Gonta-ganti Warna Rambut

1621664557-rambut-rusak---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Ilustrasi mewarnai rambut. Sumber: Freepik

Penggunaan bahan kimia untuk rambut seperti cat rambut, tentunya bisa mengganggu kondisi alami rambut kamu. Karena itu, kalau kamu suka mengubah penampilan dengan bergonta-ganti warna rambut, imbangilah dengan perawatan yang sesuai. Gunakan shampo khusus untuk rambut yang diwarnai. Selain itu, lakukan hair spa atau gunakan masker rambut secara teratur.

 
 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait