Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Keunggulan Isi Ban dengan Nitrogen, Bolehkah Dicampur Angin Biasa?

Anisa Kurniasih,
4 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Keunggulan Isi Ban dengan Nitrogen, Bolehkah Dicampur Angin Biasa?
Image: Ilustrasi pengisian angin ban mobil (Auto2000)

Jakarta - Pengendara memiliki beberapa pilihan angin untuk mengisi ban kendaraan mereka. Selain menggunakan angin oksigen biasa, ada juga angin dari nitrogen yang bisa dipilih. 

Namun guys, tidak semua stasiun pengisian bahan bakar menyediakannya. 

Nah, jika tiba-tiba angin ban kendaraanmu habis di jalan dan harus segera melakukan pengisian, tak menutup kemungkinan kamu akan ditawari untuk menggunakan angin biasa. 

Lalu, amankah bila ban nitrogen dicampur angin biasa? Benarkah mengisi ban dengan nitrogen lebih bagus dari angin biasa (oksigen)?

Mengutip Situs Auto2000, nitrogen untuk ban kendaraan memang relatif lebih baik jika dibandingkan dengan angin biasa. Bukan tanpa alasan ban dengan angin nitrogen lebih banyak disarankan untuk mobil. Sebab, angin ini lebih banyak memberikan keuntungan dan bisa meningkatkan performa mobil

Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu mengetahui keunggulan apa saja bila angin ban kendaraan diisi dengan nitrogen. 

1. Tidak Cepat Panas

Kelebihan menggunakan ban nitrogen adalah tidak cepat panas jika dibandingkan dengan angin biasa. Tekanan angin nitrogen pun cenderung lebih stabil dibanding angin biasa karena partikel molekulnya lebih besar. Alhasil, angin pun sulit keluar dari pori-pori ban. 

2. Lebih Tahan Lama

Dalam hal efisiensi, angin nitrogen memang cenderung lebih irit karena molekulnya besar sehingga tidak gampang keluar dari pori-pori ban. Artinya, jangka waktu penggunaan angin nitrogen ini lebih lama dan awet. Namun, bukan itu saja, angin nitrogen pun bisa mendukung waktu penggunaan komponen lain. Contohnya karet ban yang tidak akan mudah mengeras dan rusak. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait