beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Mainan yang Bantu Asah Kemampuan Sensorik Si Kecil

Kintan Lestari,
25 November 2022 15.13.04 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Mainan yang Bantu Asah Kemampuan Sensorik Si Kecil
Image: Ilustrasi mainan anak. (Freepik/holiak)

Jakarta - Orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan baik. Maka dari itu, orang tua perlu mendampingi anak di masa golden age mereka. Di masa golden age, anak perlu dilatih kemampuan sensoriknya.

Ada banyak cara untuk membantu melatih kemampuan sensorik anak, salah satunya lewat mainan. Ada banyak pilihan mainan untuk si kecil, dan beberapa mainan tersebut rupanya dapat mengasah kemampuan sensorik pada anak loh. Mainan apa saja ya? Yuk, kita cari tahu di bawah ini!

1. Rattle/Mainan Kerincingan

1669363627-rattle.jpgSumber: Ilustrasi rattle. (Freepik/yanalya)

Mainan satu ini akan melatih banyak kemampuan si kecil. Bayi secara tidak langsung akan memahami soal sebab akibat karena mereka harus menggoyangkan pergelangan tangan atau mainannya supaya bisa berbunyi. Ketika orang tua membunyikan mainan ini, anak akan memutar tubuhnya ke sumber suara tersebut dan berusaha membuat suara tersebut keluar. 

2. Teether dengan Beragam Tekstur

1669363605-teether.jpgSumber: Ilustrasi mainan teether anak. (Freepik/user9995248)

Di tahun pertamanya, bayi mengeksplor semua hal lewat mulut. Maka dari itu mainan ini akan sangat membantu kemampuan sensoriknya. Dengan memasukkan mainan ini ke mulut, bayi akan mencicipi, menilai tekstur, kepadatan, ukuran, dan bentuknya. Tekstur yang berbeda memberi mereka lebih banyak sensasi, dan mereka dapat memproses lebih banyak informasi.

3. Squishy Ball

1669363616-squishy-ball.jpgSumber: Ilustrasi squishy ball. (Freepik/pch-vector)

Mainan lain yang bisa membantu kemampuan sensorik pada anak adalah squishy ball. Bola satu ini mendorong perkembangan keterampilan motorik halus ketika anak meraih, menggenggam, dan memindahkan bola. Di dalam bola ini biasanya juga terdapat confetti yang akan berjatuhan ketika digoyangkan. Warnanya yang cerah juga akan memperkuat fokus dan penglihatan si kecil.

4. Mainan Gantung

1647926443-Image-diy-(2).jpegSumber: Mainan gantung bayi dari tali macrame dan benang wol (Pinterest/kreativlustdesign)

Rekomendasi mainan lain untuk membantu kemampuan sensorik anak adalah mainan yang digantung, baik digantung di stroller atau di atas ranjangnya. Si kecil akan berusaha menggapai mainan ini. Gerakan tersebut akan merangsang perkembangan otak, saraf motorik, penglihatan, bahkan pendengaran bayi.

5. Kartu

1669363647-kartu.jpgSumber: Ilustrasi anak main kartu. (Freepik/nachrc2020)

Terakhir adalah kartu. Yap, mungkin kamu menyangka hanya mainan yang berbunyi dan warnanya cerah yang akan membantu kemampuan sensorik anak. Padahal mainan yang 'diam' seperti kartu juga bisa melatih kemampuan si kecil loh. Saat bayi lahir, mereka paling hanya bisa melihat warna kontras, seperti hitam, putih, dan merah.

Jadi kartu dua hati atau lima sekop sangat merangsang secara visual untuk bayi yang baru lahir. Kartu akan membantu mengembangkan ketajaman visual anak dan koordinasi otot-otot kecil di sekitar matanya yang bagus untuk keterampilan visual-motorik.

Itu dia 5 mainan yang dapat mengasah kemampuan sensorik si kecil. Apa kamu punya semua mainan tersebut?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait