beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Tips Bersihkan Noda Mekonium, Pup Pertama Bayi

Alfian Muntahanatul Ulya,
9 November 2022 14.21.43 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Bersihkan Noda Mekonium, Pup Pertama Bayi
Image: Ilustrasi Mengganti Popok Bayi (Pexels)

Jakarta - Sudah pernah dengar istilah mekonium? Bagi Urbanreaders yang masih asing dengan kata itu, jadi mekonium adalah nama lain untuk menyebut pup (feses) pertama bayi setelah lahir.

Melansir dari berbagai sumber, feses itu biasanya punya tekstur yang pekat dengan warna hijau tua atau hitam. Mekonium ini diproduksi di usus, sebelum janin akhirnya lahir ke dunia. 

Sehubungan dengan ini, belum tentu semua orangtua sudah mengenali kondisi tentang mekonium ini, Urbanreaders. Malah terkadang beberapa di antaranya kaget dengan adanya pup bayi mereka yang baru saja lahir.

Belum lagi melihat tekstur dari mekonium itu sendiri, memungkinkan kotoran itu sulit untuk diicuci dan dihilangkan dari pakaian si kecil. Namun sulit bukan berarti nggak bisa dihilangkan ya, Urbanreaders.

Memang diperlukan usaha ekstra, jadi simak tips untuk mencuci pakaian atau popok kain si buah hati dari mekonium, yuk.

1. Buang Kotoran

Langkah yang perlu kamu lakukan sebelum mencuci pakaian atau popok kain anak yang terkena noda mekonium adalah dengan menghilangkan pupnya terlebih dahulu. Kamu bisa membilasnya menggunakan air hingga tersisa bekas feses yang menempel.

2. Rendam Air Hangat

Untuk mencuci pakaian bayi yang terdapat bekas noda mekonium memang nggak bisa sembarangan, jadi siapkan seember atau sebaskom air hangat untuk merendamnya terlebih dahulu.

Jangan lupa juga menggunakan detergen khusus untuk dioleskan ke area yang kotor karena pup.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait