Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Tetap Terjaga

Kintan Lestari,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Tetap Terjaga
Image: Ilustrasi ikan cupang. (Freepik/wirestock)

Jakarta - Banyak orang memelihara ikan tapi bingung dengan makanan hewannya, misalnya makanan ikan cupang

Yap, ikan cupang jadi salah satu hewan yang dicari banyak orang sebagai hewan peliharaan. Sebab ikan hias tersebut mudah dipelihara dan bisa jadi teman di kala kita bosan.

Sebagai pemula tentu banyak pertanyaan di kepala kita mengenai cara merawat ikan cupang, misalnya berapa kali ikan cupang makan dalam satu hari? Atau apa saja makanan ikan cupang?

Untuk jam makannya, ikan cupang dalam sehari makan dua kali sehari, yakni di siang hari dan malam hari. Dan pastikan kamu konsisten memberi makan di jam-jam tersebut saja. Pokoknya jangan sampai waktu makan ikan peliharaanmu berubah Lalu apa saja makanan mereka?

Biar kalian yang baru pertama memelihara ikan nggak bingung lagi, nih Urbanasia kasih 5 pilihan makanan ikan cupang supaya ikanmu sehat dan warna ekor serta siripnya tetap terjaga.

1. Udang

Kamu bisa loh memberi makan ikan cupang hias kamu dengan udang. Tapi jangan kasih dalam bentu utuh ya, kamu perlu mencacah dagingnya lebih dulu sampai ukuran yang bisa masuk mulut ikan cupang. Baru deh setelahnya berikan cahahan daging udang ke ikan peliharaanmu. Memberi makan udang diyakini bisa menjaga warna ikan cupang.

2. Kutu Air

Makanan selanjutnya yang bisa diberikan ke ikan cupang adalah kutu air atau kutir. Harga kutir bervariasi dan masih terjangkau banget.

Tapi perlu kamu perhatikan ya, jangan beli kutir jet. Belilah kutu air yang umum dipakai, yakni kutu air moina. Kalau kamu memberi makan dengan kutu air jet, hal itu justru berbahaya bagi ikan cupang milikmu. Jadi teliti sebelum membeli pakannya ya.

3. Cacing Darah

Makanan yang biasa diberikan pada ikan cupang adalah cacing darah. Kamu bisa memberi makan cacing darah yang hidup, beku, atau yang beku kering. Kamu hanya perlu membelinya di pedagang ikan atau toko online. 

Di dalam cacing darah terdapat protein yang punya pengaruh pada tumbuh kembang ikan cupang kamu. Perlu diingat, beri makan ikanmu cacing darah secukupnya saja. Kalau berlebihan, yang ada ikan hias peliharaanmu itu berisiko sembelit.

4. Pelet

Yang satu ini adalah makanan ikan cupang yang paling umum ditemui di pasaran. Pelet dengan kualitas baik akan membantu perkembang biakkan ikan peliharaanmu. Ada dua jenis pelet, yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. Kalian tinggal membeli pelet yang sesuai dengan budget yang kamu punya.

5. Jentik Nyamuk

Kalau kamu melihat encu atau jentik nyamuk, bisa loh kamu berikan ke ikan cupang kamu karena jentik nyamuk termasuk pakan mereka.

Memberi makan jentik nyamuk ke ikan cupang adalah menjaga warna sirip ikan tetap seperti sedia kala dan tidak membuat sirip serta ekor ikan loyo.

Itu dia 5 makanan ikan cupang supaya ikan peliharaanmu itu sehat dan warnanya terjaga. Ingat ya, jangan memberi makan mereka berlebihan karena malah akan berdampak buruk untuk kesehatan ikan kamu.

Dan kalau ikan kamu menyisakan makanan, baiknya sisa makanannya dibersihkan supaya kualitas air tetap terjaga. Semoga informasinya bermanfaat ya, Urbanreaders!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait