menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Manfaat Bangun Pagi buat Tubuh

Itha Prabandhani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Bangun Pagi  buat Tubuh
Image: Ilustrasi bangun pagi. (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Bangun pagi menjadi tantangan tersendiri buat beberapa orang. Ada yang karena kebanyakan aktivitasnya harus dilakukan di malam hari, ada pula yang memang ‘bawaan lahirnya’ bukan ‘morning person’.

Padahal bangun pagi punya banyak manfaat buat tubuh, loh. Dilansir dari Sleep Advisor, kebiasaan bangun pagi juga berpengaruh pada kesehatan dan kesuksesan kamu, guys. Selain kondisi fisik kamu lebih sehat, kesehatan mental kamu pun bakal ikut terjaga. Ditambah lagi, bangun pagi bikin kerja kamu lebih produktif.

Nah, biar kamu lebih bersemangat untuk bangun pagi, yuk kenali manfaat bangun pagi buat tubuh kita. Simak ulasan selengkapnya, guys!

1. Mood Lebih Positif

1613006805-positif---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi positif. (Freepik/jcomp)

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang sering begadang atau memiliki masalah insomnia, cenderung memiliki gangguan juga pada suasana hati atau mood-nya, guys. Dengan kata lain, kalau kamu kurang tidur, mood kamu pun bakal jelek.

Sebaliknya, jika kamu tidur dengan cukup baik, maka kamu pun bisa bangun lebih pagi. Sehingga, kamu bisa menggunakan waktumu untuk melakukan banyak hal seperti menyelesaikan pekerjaan, bersosialisasi, menghirup udara segar, dan menjalani harimu dengan tidak terburu-buru.

2. Menjauhkan Diri dari Depresi

1613006830-depresi---freepik-benzolx.jpgSumber: Freepik/benzolx

Mengubah pola hidup dengan bangun lebih pagi, juga berpengaruh terhadap kesehatan mental kamu, guys. Ketika kamu bangun lebih pagi, tubuh akan merasa lelah dan mengantuk pada jam yang ideal untuk kamu mulai tidur malam. Jika kamu terbiasa bangun siang, biasanya kamu pun akan tidur larut malam.

Menurut para ahli, seseorang dengan rentang usia 18 sampai 45 tahun yang sering begadang, memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan yang tidur lebih awal.

3. Lebih Produktif

1613006842-produktif---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Ilustrasi produktif. (Freepik/wayhomestudio)

Membiasakan bangun pagi akan membuatmu lebih produktif dalam beraktivitas. Kamu akan punya cukup waktu untuk bangun dan ‘mengumpulkan nyawa’, ngopi sambil menikmati udara segar, merasakan hangatnya sinar matahari pagi, mandi, berdandan, atau membaca berita. Karena semua rutinitas pagimu berlangsung lancar, kamu pun bisa mengatur waktu dengan baik untuk melakukan hal lain.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

1613006854-diabetes---freepik-goffkein.jpgSumber: Ilustrasi junkfood. (Freepik/goffkein)

Manfaat yang satu ini mungkin nggak pernah terpikirkan di benakmu. Tapi, menurut beberapa penelitian, orang-orang yang bangun siang cenderung rentan dengan gejala diabetes dibandingkan dengan tipe ‘morning person’. Selain itu, orang yang biasa bangun pagi juga cenderung memiliki metabolisme yang lebih sehat.

5. Lebih Bahagia

1613006817-bahagia---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Ilustrasi bahagia. (Freepik/wayhomestudio)

Bangun siang akan membuatmu merasa terburu-buru, tidak fokus, dan merasa kehabisan waktu. Hal ini bisa membuat seluruh harimu jadi berantakan, loh.

Sebaliknya, kalau kamu bangun pagi, kamu nggak akan kerepotan mengurus semua rutinitas dan urusan yang mesti kamu selesaikan hari itu. Selain itu, saat terpapar sinar matahari, tubuh memproduksi hormon dopamin dan endorphin yang akan membuatmu merasa lebih bahagia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait