menu
user
URstyle

5 Manfaat Bunga Kenanga Buat Kecantikan

Itha Prabandhani,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Bunga Kenanga Buat Kecantikan
Image: Freepik

Jakarta - Bunga kenanga atau yang juga dikenal dengan ylang-ylang, adalah bunga dari pohon kenanga (Cananga odorata) yang banyak tumbuh di beberapa negara Asia, termasuk di Indonesia. Sejak zaman dahulu, bunga ini telah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk-produk kecantikan.

Sebagian besar manfaat bunga kenanga berasal dari kandungan minyak esensial di dalamnya. Selain itu, bunga kenanga juga memiliki aroma yang harum dan memberikan efek menenangkan.

Berikut sederet manfaat bunga kenanga buat kecantikan.

1.       Melembapkan Kulit

1607852418-melembapkan.jpgSumber: fREEPIK

Minyak alami dari bunga kenanga sangat ampuh untuk membantu melembabkan kulit wajah yang kering. Minyak bunga kenanga mengandung senyawa alami seperti asam benzoat, geraniol, dan farsenol, yang mampu menutrisi kulit sehingga tampak lebih lembap. Dengan penggunaan yang rutin, kulit wajahmu juga akan lebih elastis dan tampak awet muda, loh.

2.       Mencegah Timbulnya Tanda-tanda Penuaan

1607852242-tanda2-penuaan.jpgSumber: Freepik

Ekstrak bunga kenanga yang mampu memberikan elastisitas pada kulit, akan menjauhkanmu dari kerutan dan garis-garis halus di wajah. Karena itu, kamu bisa mencoba produk anti-aging dengan kandungan minyak bunga kenanga dalam skincare routine kamu. Aplikasikan pada bagian wajah yang rentan muncul keriput dan garis halus, seperti area sekitar mata, garis senyum, dan leher.

3.       Mempercepat Penyembuhan Jerawat

1607852233-penyembuhan-jerawat.jpgSumber: Freepik

Masalah jerawat membandel memang bikin jengkel ya, guys? Untuk mengatasinya, cobalah gunakan minyak bunga kenanga pada area yang bermasalah. Oleskan minyak bunga kenanga di sekitar area kulit yang berjerawat, sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Minyak bunga kenanga akan membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat, sekaligus mencegah munculnya noda hitam bekas jerawat. 

4.       Mengatasi Infeksi Jamur Kulit

1607852212-infeksi-jamur.jpgSumber: Freepik

Jamur kulit dapat muncul pada area kulit yang lembap, seperti area lipatan, atau karena pemakaian baju dan celana yang terlalu ketat. Infeksi jamur dapat menimbulkan gatal-gatal, bau tak sedap, hingga ruam. Untuk mengatasinya, gunakan ekstrak buah kenanga yang mengandung linalool, yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

5.       Melawan Ketombe

1607852220-ketombe.jpgSumber: Freepik

Tak hanya buat kulit wajah, bunga kenanga juga dapat menyehatkan kulit kepala loh, guys. Kulit kepala yang tidak sehat akan menimbulkan ketombe, rambut yang kusam, lepek, dan berbau. Pastinya, hal ini bakal mengganggu penampilan, kan?

Minyak bunga kenanga bisa kamu gunakan sebagai masker rambut. Minyak dari bunga kenanga ini akan membantu menghilangkan ketombe, menjadikan kulit kepala lebih sehat, dan membuat rambut menjadi lebih harum.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait