menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Ini Efek Posisi Tidur untuk Kecantikan Kulit Wajah

Itha Prabandhani,
6 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini Efek Posisi Tidur untuk Kecantikan Kulit Wajah
Image: Ilustrasi posisi tidur. (Freepik)

Jakarta - Posisi tidur yang biasanya kita pilih adalah yang terasa paling nyaman buat badan. Tapi, tahukah kamu bahwa posisi tidurmu bisa berpengaruh juga pada kecantikan kulit wajahmu, loh. Salah posisi tidur bisa mengakibatkan munculnya keriput pada wajah, jerawat, atau bentuk pipi yang tidak simetris.

Dalam ulasannya, Dr Kiran Lohia, seorang ahli dermatologi, mengatakan beberapa masalah kulit wajah dapat disebabkan oleh posisi tidur yang kurang tepat. Seperti apa sih efeknya? Yuk, pelajari lebih lanjut!

Tidur Tengkurap

1604630423-tengkurap.jpgSumber: Ilustrasi tidur tengkurap. (Freepik)

Banyak orang menyukai posisi tidur ini. Tapi, posisi ini sebenarnya sangat tidak disarankan. Tidur tengkurap akan membuat tekanan yang besar pada wajah ke bantal. Kondisi ini bikin kulit wajah susah ‘bernapas’.

Selain itu, folikel akan tertutup, sehingga dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat. Tekanan yang besar pada wajah dalam waktu lama, juga akan membuat struktur wajah berubah, memunculkan kantung mata, serta menimbulkan kerutan.

Tidur Miring

1604630394-tidur-miring.jpgSumber: Ilustrasi tidur miring. (Freepik)

Berbaring menyamping dengan satu sisi juga akan menimbulkan efek samping yang kurang baik, jika dibiasakan dalam waktu lama. Posisi tidur ini akan memberikan tekanan pada satu sisi wajah, sehingga membuat salah satu pipi ‘kempes’ karena tekanan.

Selain itu, skincare yang kamu gunakan selama tidur, kurang bisa bekerja secara maksimal pada bagian wajah yang sering menempel di bantal.

Tidur Telentang

1604630410-telentang.jpgSumber: Ilustrasi tidur telentang. (Freepik)

Baca Juga: 5 Tipe Cowok Berdasarkan Pakaian Tidurnya

Posisi tidur ini sangat disarankan karena tidak memberikan tekanan pada wajah kamu dan tidak berpengaruh pada bentuk wajah. Tidur telentang juga tidak akan membuat cairan tubuh ‘terkumpul’ di wajah seperti halnya tidur tengkurap, sehingga wajah tidak akan terlihat ‘bengkak’ saat bangun tidur.

Karena wajah tidak tersentuh oleh bantal, posisi ini juga dapat meminimalisir kemungkinan perpindahan bakteri, kotoran, dan minyak, dari permukaan bantal ke kulit wajah kamu.

Selain posisi tidur yang tepat, kamu juga perlu memperhatikan kualitas istirahat kamu, guys. Tidur yang nyenyak dan tenang akan membuat wajah lebih segar dan proses regenerasi sel-sel kulit berlangsung dengan lebih baik. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait