beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Manfaat Charcoal buat Kecantikan Kulit

Itha Prabandhani,
31 Juli 2021 13.59.46 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Charcoal buat Kecantikan Kulit
Image: Ilustrasi charcoal. (Freepik/pvproduction)

Jakarta - Urbanreaders pastinya sudah akrab dengan kandungan charcoal yang terdapat dalam produk skincare, salah satunya masker wajah.

Yap, charcoal kini banyak digunakan sebagai bahan alami di dunia kecantikan. Charcoal memiliki kemampuan kuat untuk menyerap, sehingga efektif mengangkat sebum dan kotoran di dalam pori-pori.

Untuk mendapatkan manfaat charcoal, kamu bisa menggunakannya dengan cara diaplikasikan langsung di kulit. Berikut beberapa manfaat charcoal buat kulit, yang dilansir Urbanasia dari berbagai sumber.

1. Antibakteri dan Antijamur

1627714218-charcoal---freepik-jcomp.jpgSumber: Masker charcoal. (Freepik/jcomp)

Activated charcoal telah terbukti efektif mengusir kuman dan jamur yang dapat merusak kesehatan kulit. Arang aktif mengandung zat antijamur dan antibakteri yang sangat efektif melawan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Karena itu, charcoal dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan juga eksim.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

1622169324-cara-atasi-komedo---freepik-diana-grytsku.jpgSumber: Ilustrasi pakai masker wajah. (Freepik/diana-grytsku)

Buat pemilik kulit berminyak, produksi minyak berlebih sering menimbulkan masalah pada kulit, seperti komedo, bruntusan, dan jerawat. Karena itu, menjaga keseimbangan kadar minyak dalam kulit, sangatlah diperlukan. Menggunakan masker wajah dengan kandungan charcoal, dapat membantu mengatasi masalah minyak berlebih di kulit.

3. Membantu Proses Eksfoliasi Kulit

1627714139-charcoal--freepik.jpgSumber: Masker charcoal. (Freepik)

Activated charcoal juga dapat kamu manfaatkan untuk membantu proses eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati. Dengan melakukan eksfoliasi menggunakan bubuk arang, kulit akan terasa lebih halus dan kencang. Bubuk arang juga dapat membantu memperkecil pori-pori kulit kamu, loh. Sehingga, kulit pun akan tampak lebih halus.

4. Membersihkan Pori-pori

1614309319-Pori-pori-wajah.jpegSumber: Ilustrasi Mengecilkan Pori-Pori. (Pixabay/ Andrea Piaquadio)

Untuk membersihkan kulit secara menyeluruh, kamu perlu mengangkat semua kotoran, sebum, maupun polusi yang menempel di wajah. Dengan kekuatan absorpsi yang kuat, kandungan charcoal dapat dengan mudah mengangkat kotoran di kulit dan membuatnya kembali bersih hingga ke dalam pori-pori.

5. Mengatasi Ketiak Hitam

1596763623-hiperpigmentasi.jpgSumber: Penyebab ketiak hitam. (Freepik)

Ketiak yang berwarna hitam dapat mengurangi kepercayaan diri. Salah satu penyebab kulit ketiak menjadi hitam adalah karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di daerah ketiak, serta iritasi akibat penggunaan produk-produk deodorant.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sabun yang mengandung charcoal, maupun menggunakannya secara langsung sebagai scrub. Charcoal dapat membantu mengangkat sel kulit mati dengan sangat efektif dan membuat ketiak kembali cerah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait