Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Elga Nurmutia,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan
Image: Moringa atau daun kelor. (Freepik/rostovtsevayu)

Jakarta -  Daun kelor memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi kesehatan. Daun kelor juga terdapat sejumlah kandungan di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan juga seng.  

Bukan hanya itu, daun kelor ini terdapat lemak dengan kadar yang begitu rendah dan tidak ada kolesterol berbahaya. Artinya, daun yang satu ini bisa menyehatkan bagi manusia.

Adapun, 5 manfaat daun kelor bagi kesehatan menurut sains. Kali ini, Urbanasia merangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/9/2021).

1. Melawan Radikal Bebas 

Dalam daun kelor terdapat senyawa antioksidan yang mampu melawan radikal bebas pada dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi bisa menimbulkan stres oksidatif yang berkaitan dengan sejumlah penyakit kronis, yakni penyakit jantung dan juga diabetes tipe 2. Selain itu, senyawa antioksidan yang ada pada daun kelor merupakan vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan juga asam klorogenat.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Gula darah tinggi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius, salah satunya, yaitu penyakit diabetes. Rupanya, manfaat daun kelor ini mampu untuk menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa tanaman, yaitu isothiocyanate.

3. Mengurangi Peradangan 

Peradangan yang terjadi merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi ataupun cedera. Hal tersebut adalah mekanisme perlindungan tubuh, akan tetapi dapat menjadi masalah bagi kesehatan. Rupanya, senyawa isothiocyanate yang terdapat dalam daun kelor merupakan senyawa antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan.

4. Menurunkan Kolesterol 

Kolesterol tinggi berkaitan dengan sejumlah risiko penyakit, salah satunya penyakit jantung. Daun kelor ini mungkin memiliki efek untuk penurun kolesterol.

5. Melindungi dari Keracunan Arsenik 

Kontaminasi dari arsenik dalam makanan dan minuman termasuk masalah kesehatan yang kerap kali ditemukan. Paparan arsenik dalam jangka panjang juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga kanker. Dalam sejumlah penelitian, rupanya daun kelor bisa  melindungi dari beberapa efek toksisitas dari arsenik. 

Nah, itu dia manfaat dari daun kelor. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait