Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah

Alwin Jalliyani,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah
Image: Ilustrasi busi. (pixabay)

Jakarta - Busi motor termasuk komponen yang memiliki peran penting, sehingga kamu harus merawatnya dengan baik. Jika tidak, busi akan cepat rusak yang berakibat menjadi hitam dan basah. Kerusakan pada busi bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut merupakan penyebab busi menjadi hitam dan basah menurut Suzuki Indonesia.

1. Kualitas Busi Tidak Cocok dengan Mesin

1632626652-busi-motor-(4).jpgIlustrasi busi. (pixabay/roall)

Bukan hanya bahan bakar, busi pada motor juga harus berkualitas supaya mesin bekerja maksimal. Hal ini disebabkan oleh ruang pembakaran membutuhkan api yang besar, dan hanya dapat terpenuhi jika kualitas businya bagus. Kamu harus memilih busi yang memang direkomendasikan sesuai jenis motor. Sebaiknya jangan membeli busi yang terbuat dari platinum karena performanya rendah.

2. Merembesnya Oli Pada Mesin

Selanjutnya, disebabkan oleh oli mesin yang merembes masuk ke ruang pembakaran. Hal ini dapat terjadi karena piston mengalami aus sehingga muncul deposit pembakaran yang berpengaruh terhadap busi. Jika sudah begitu, segera ganti busi lama dengan busi yang baru.

3. Tidak Sesuainya Bahan Bakar dengan Spesifikasi

1632626628-busi-motor-(3).jpgIlustrasi busi. (pixabay/emkkanicepic)

Bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor juga dapat menyebabkan busi berubah menjadi hitam dan basah. Umumnya, setiap motor memiliki spesifikasi bahan bakar yang harus dipenuhi. Usahakan isi bahan bakar sesuai ketentuan supaya komponen kendaraan terjaga dan lebih awet.

4. Adanya Banyak Campuran Pada Bahan Bakar

Selain salah memilih bahan bakar, mencampur jenis bensin dapat menjadi penyebab berikutnya. Campuran tersebut akan menumpuk pada bagian elektroda busi sehingga basah dan menghitam. Selain itu, pencampuran bahan bakar juga membuat bahan bakar kendaraan menjadi cepat habis.

5. Filter Pada Motor Kotor

1632626622-busi-motor-(2).jpgIlustrasi busi. (pixabay)

Penyebab selanjutnya adalah bagian filter yang sudah kotor. Biasanya pemilik kendaraan tidak menyadari hal ini, padahal sangat penting untuk diketahui. Apabila filter motor kotor, fungsinya tidak akan bekerja dengan baik. Filter tidak bisa menyaring kotoran yang berakibat terjadinya penumpukan kotoran.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait