Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Penyebab Lampu Motor Redup

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Lampu Motor Redup
Image: Ilustrasi sepeda motor (Pixabay/7085841)

Jakarta – Lampu motor berperan sebagai penerang saat kendaraan melintas pada malam hari atau jalan yang gelap. Idealnya, lampu motor memancarkan cahaya yanng terang. Namun, ada kalanya lampur meredup karena berbagai alasan.

Berikut merupakan penyebab lampu motor meredup melansir situs resmi Suzuki Indonesia.

1. Kualitas Bohlam Lampu

Kualitas bohlam lampu motor memengaruhi terang atau redupnya sinar yang dihasilkan. Pastikan bohlam motor yang sesuai standar pabrik. Standar pabrikan bohlam lampu motor umumnya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, dan 55 watt 12 volt. Namun, jika motor telah memakai lampu LED dan tetap redup, maka masalahnya bukan berasal dari kualitas bohlam lampu.

2. Reflektor Buram

Mika lampu atau reflektor memiliki masa pakai tersendiri. Jika masa pakai reflektor motor sudah habis, maka sinar yang dihasilkan akan meredup. Semakin tua usia motor, mika lampu berubah semakin buram. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengganti reflektor tersebut. Pastikan sparepart yang digunakan original.

1631004492-lampu LED motor capri23auto.jpgSumber: Ilustrasi lampu LED pada sepeda motor (Pixabay/capri23auto)

3. Saklar Lampu Usang

Saklar lampu merupakan komponen yang penting tetapi kerap dilupakan. Masalah ini datang biasanya karena masa pakai yang sudah lama atau kurang perawatan. Lamanya masa pemakaian akan menyebabkan saklar kendor, sehingga sinar yang lampu menjadi tidak stabil dan terang-redup secara bergantian.

4. Soket Lampu Kendor

Apabila soket lapu kendor, maka arus listrik yang dihasilkan meluber ke mana-mana. Sehingga hanya sedikit listrik yang sampai kepada komponen lampu motor. Hal ini mengakibatkan sinar lampu motor terlihat redup. Untuk menceganya, kamu bisa melakukan service rutin sekaligus mengecek komponen soket lampu motor.

5. Kabel Lampu Meleleh

Kabel lampu yang meleleh menjadi salah satu penyebab lampu motor redup selanjutnya. Kabel lampu berperan menghantarkan listrik sampai ke bola lampu motor. Jika kabel lampu meleleh, maka arus listrik menjadi terhalang. Sehingga berpengaruh pada sinar lampu motor.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait