beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda

Itha Prabandhani,
25 Agustus 2020 08.56.15 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda
Image: Ilustrasi kulit keriput (Freepik)

Jakarta - Keriput di wajah umumnya muncul karena faktor usia. Seiring dengan bertambahnya usia, elastisitas kulit pun akan berkurang, sehingga kulit wajah gampang mengalami keriput. Namun, apa jadinya kalau keriput sudah muncul padahal kamu masih berusia relatif muda?

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena faktor dari luar alias faktor lingkungan, guys. Lalu, apa saja yang bikin keriput bisa muncul di usia muda? Berikut ulasannya.

1. Paparan Sinar Matahari

1598320101-Wajah-yang-terkena-paparan-sinar-matahari.jpgSumber: Wajah yang terkena paparan sinar matahari (Freepik)

Selain sebagai pusat dari kehidupan, matahari sayangnya juga memiliki efek buruk buat kesehatan kulit. Paparan sinar UVA dan UVB yang terlalu tinggi, dapat membuat kulit kamu mengalami kerusakan sel.

Akibatnya, elastisitasnya pun berkurang sehingga muncullah keriput di wajah. Karena itu, selalu gunakan tabir surya ketika kamu beraktivitas di luar ruangan, atau gunakan topi untuk melindungi wajah kamu dari paparan sinar matahari langsung.

2. Kebiasaan Merokok

1598320284-merokok.jpgSumber: Ilustrasi merokok (Freepik)

Kita semua tahu bahwa rokok memiliki dampak buruk buat kesehatan. Tak hanya merusak paru-paru, kandungan berbahaya dalam rokok juga dapat mempercepat proses penuaan, loh.

Pada kulit, efek merokok akan memicu munculnya kerutan di kulit. Selain itu, rokok juga bikin kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Akibatnya, kamu pun akan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

3. Kebiasaan Membuat Ekspresi Tertentu

1598320358-ekspresi-mata-dan-dahi.jpgSumber: Ekspresi mata (Freepik)

Saat kamu membuat ekspresi tertentu seperti mengernyitkan dahi atau memicingkan mata, sebagian otot wajah akan berkontraksi dan membuat kulit di area sekitarnya terlipat. Kebiasaan ini lama kelamaan bisa meninggalkan keriput yang kentara.

4. Tidak Berganti Posisi Tidur

1598320417-tidur.jpgSumber: Posisi tidur yang tidak berubah (Freepik)

Posisi tidur kamu ternyata juga bisa menjadi faktor timbulnya keriput, loh. Saat kamu tidur pada posisi miring, sebagian dari wajah kamu akan terhimpit dengan bantal.

Tidur dengan sisi yang sama dalam waktu yang cukup lama bisa bikin area pipi, dagu, dan sekitar mata mengalami tekanan dan akan meninggalkan garis keriput. Karena itu, usahakan untuk berganti-ganti posisi saat tidur atau biasakan tidur dengan posisi telentang.

5. Naik Turun Berat Badan

1598320486-berat-badan.jpgSumber: Menimbang berat badan (Freepik)

Saat berat badan berubah, kulit pun akan mengalami perubahan mengikutinya. Sayangnya, ketika berat badan kamu menurun dengan cepat, kulit yang sudah terlanjur tertarik akan sulit untuk menyempit lagi seperti semula. Akibatnya, elastisitasnya pun akan berkurang dan kulit jadi tampak turun atau berlipat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait