Hot News

Jakarta - Nggak cuma makanan, produk makeup juga punya masa pakai sebagai batas waktu aman untuk digunakan, guys. Sayangnya, waktu kedaluwarsa produk makeup nggak selalu tercantum dalam kemasannya, seperti halnya produk makanan.

Meski begitu, beberapa perusahaan produsen makeup memberi tanda yang bisa menunjukkan masa pakai makeup kamu. Misalnya, tulisan M yang berarti ‘month’ atau bulan, dan Y yang berarti ‘year’ atau tahun.

Jika kemasan produk makeup kamu bertuliskan 6M, artinya produk tersebut bisa digunakan selama 6 bulan sejak kemasannya dibuka. Sesudahnya, produk tersebut dinyatakan sudah kedaluwarsa.

Kenapa penting untuk memerhatikan waktu kedaluwarsanya? Karena, menggunakan produk makeup yang sudah kedaluwarsa bisa menimbulkan berbagai masalah kulit, guys.

Misalnya, gatal, iritasi, atau reaksi alergi seperti kemerahan hingga jerawatan. Selain itu, produk yang telah kedaluwarsa juga biasanya akan menurun kualitasnya, seperti teksturnya berubah, mengeluarkan bau, serta memberikan rasa tidak nyaman saat digunakan. 

Nah, biar kamu nggak mengalami masalah-masalah kulit karena menggunakan produk kedaluwarsa, yuk ikuti panduan sederhana untuk mengetahui masa pakai produk makeup kamu!

1. Maskara

1596611351-maskara.jpgIlustrasi maskara. (Freepik)

Maskara bisa digunakan selama waktu 2 hingga 3 bulan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa maskara kamu bisa kedaluwarsa lebih cepat. Ciri-cirinya, maskara mulai menggumpal, keras, terasa pedih atau gatal di mata, serta mengeluarkan bau.

2. Foundation dan Concealer

1596611399-foundation.jpgIlustrasi foundation. (Freepik)

Kedua produk ini memiliki masa pakai maksimal selama 1 tahun. Jika produk sudah mulai pudar warnanya, komponen cairan terpisah, atau gatal ketika digunakan, tandanya kamu mesti menggantinya dengan produk yang baru, guys.

3. Lipstik dan Lipgloss

1596611451-lipstik.jpgIlustrasi lipstik. (Freepik)

Masa simpan lipstik biasanya lebih lama daripada lipgloss. Untuk lipstik, kamu bisa menggunakannya hingga maksimal 2 tahun. Sedangkan lipgloss sebaiknya diganti sesudah pemakaian 1 tahun.

Lipstik dan lipgloss yang telah kedaluwarsa akan terasa lengket saat digunakan, tidak bisa diaplikasikan dengan sempurna, menggumpal dan patchy di bibir, mengeluarkan bau, serta berasa tidak enak.

4. Bedak dan Eyeshadow

1596611495-eyeshadow.jpgIlustrasi eyeshadow. (Freepik)

Bedak dan eyeshadow yang berbentuk padat, bisa kamu gunakan hingga 1 tahun pemakaian. Produk-produk ini memasuki masa kedaluwarsa jika teksturnya berubah menjadi kasar, kering, dan menimbulkan reaksi alergi di kulit.

Menggunakan produk ini sesudah kedaluwarsa, bisa bikin kamu merasa gatal-gatal, sensasi panas di kulit, atau jerawatan.

5. Makeup Brush

1596611593-brush.jpgIlustrasi makeup brush. (Freepik)

Alat makeup yang satu ini memiliki masa pakai yang paling lama guys. Secara teori, kamu bisa menggunakannya selama alat ini belum rusak.

Produk brush dari merek yang ternama biasanya cenderung lebih awet dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun. Produk dikatakan rusak atau kedaluwarsa jika brushnya mulai rontok, patah-patah, atau bentuknya berubah.

6. Sponge dan Beauty Blender

1596611535-sponge.jpgIlustrasi sponge. (Freepik)

Serupa dengan makeup brush, sponge dan beauty blender juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Produk ini mulai mengalami kerusakan jika permukaannya rontok atau bocel-bocel, dan bentuknya berubah.

Selama belum diganti dengan yang baru, kamu mesti rajin-rajin mencucinya agar alat makeup ini nggak berubah jadi sarang bakteri karena lembap dan kotor.

Nah, sesudah mengetahui masa kedaluwarsanya, apa saja nih produk kecantikanmu yang sudah waktunya diganti? 


Loading ..