Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Penyebab Rem Mobil Mengeluarkan Bunyi Saat Digunakan

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Rem Mobil Mengeluarkan Bunyi Saat Digunakan
Image: Ilustrasi mobil. (Pixabay/3844328)

Jakarta - Sistem pengereman pada bagian mobil merupakan komponen yang sangat penting. Tanpa sistem pengereman yang baik, berkendara akan menjadi kurang aman dan nyaman.

Salah satu keluhan yang kerap terjadi pada bagian rem adalah mengeluarkan bunyi saat digunakan. Berikut, penyebab rem mobil mengeluarkan bunyi versi Auto 2000.

1. Kampas Rem Menipis

1630414231-ban mobil tookapic.jpgIlustrasi mobil. (Pixabay/tookapic)

Kampas rem merupakan komponen yang berbentuk seperti bantalan. Fungsi kampas rem yaitu memperlambat atau menghentikan piringan cakram yang berputar. Kampas akan meredam putaran cakram rem (disc brake) supaya berhenti. Putaran cakram yang kencang dapat mengikis permukaan kampas rem. Jika kampas rem tipis, maka timbul suara berdecit saat bergesekan dengan cakram.

2. Pedal Rem Kurang Pelumas

1625730863-Mobil.jpgIlustrasi. (Pixabay/Mikes-Photography)

Selain kampas rem yang tipis, pedal rem kurang pelumas juga bisa menghasilkan suara berdecit. Solusinya, kamu cukup melumasi pedal rem dengan pelumas. Jika susah menjangka, sebaiknya bawa  mobil ke bengkel supaya dibongkar oleh teknisi. Selanjutnya, teknisi akan memberikan pelumas pada pedal rem.

3. Terkena Percikan Air

1630414195-ban mobil artellliii72.jpgIlustrasi. (Pixabay/artellliii72)

Selanjutnya, suara pada rem bisa disebabkan oleh percikan air. Apalagi saat musim penghujan, jalanan akan becek atau banjir. Percikan dari genangan air akan mengenai sistem pengereman dan mengikis pelumas rem. Untuk merawatnya, kamu bisa memberikan pelumas tambahan saat terkena percikan air.

4. Terkena Oli

1630413886-pixabay- ban mobil Mikes-Photography.jpgIlustrasi ban. (Pixabay/Mikes-Photography)

Selain air, oli juga bisa membuat rem mobil mengeluarkan bunyi saat pedal diinjak. Oli yang menetes dan mengenai cakram rem ternyata akan membuat rem tidak pakem. Tetesan oli membuat cakram menjadi licin. Akibatnya, daya cengkeram kampas rem pada cakram pun menurun.

5. Kotoran Menumpuk pada Cakram

1630414111-ban mobil free-photos.jpgIlustrasi ban mobil. (Pixabay/free-photos)

Menumpuknya kotoran pada cakram menjadi penyebab selanjutnya. Ada kalanya kotoran berupa tanah atau debu bisa menempel cakram rem. Jika kotoran tersebut menumpuk, maka akan menghalangi bertemunya cakram dan kampas rem. Akibatnya, rem akan berdecit saat pedal rem diinjak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait