beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

5 Penyebab Utama Stress dan Cara Mengatasinya

Itha Prabandhani,
sekitar 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Utama Stress dan Cara Mengatasinya
Image: istimewa

Jakarta - Stress menjadi masalah yang sangat umum dan terjadi pada hampir semua orang di dunia ini. Karena itu, berbagai studi mengenai stress terus dilakukan para peneliti untuk membantu orang yang mengalami masalah ini.

Berdasarkan penelitian, para ahli menyatakan bahwa ada 5 hal utama yang menjadi penyebab stress, guys.

1. Stress Akibat Masalah Keuangan

1588216493-stress-keuangan.jpg

Stress yang paling umum dirasakan, disebabkan oleh masalah uang. Memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ternyata juga menjadi hal yang tidak mudah bahkan untuk mereka yang memiliki penghasilan lebih atau tergolong orang yang berada. 

Begitu pula pada orang yang penghasilannya pas-pasan. Kebutuhan sehari-sehari menjadi tantangan terus menerus yang terjadi setiap harinya.

2. Stress Akibat Hubungan

1588216499-stress-hubungan.jpg

Tidak hanya menjadi sumber kebahagiaan, hubungan dengan orang lain juga ternyata menjadi penyebab stress bagi banyak orang, guys. 

Seperti hubungan dengan pacar atau pasangan hidup, orang tua, teman, dan anggota keluarga.

3. Stress Akibat Tuntutan Berprestasi

1588216506-stress-pekerjaan.jpg

Persaingan di dunia kerja dan di sekolah menuntut kita untuk selalu berprestasi dan menjadi lebih baik dari orang lain. Tekanan yang terus menerus ini tak jarang membuat kita merasa terbebani ketimbang menikmati proses belajar atau bekerja yang kita lakukan. 

Bahkan, menurut penelitian, lebih dari 50% pegawai yang puas dengan karirnya pun masih merasakan kekhawatiran akan kehilangan pekerjaannya.

4. Stress Akibat Kondisi Kesehatan

1588216512-stress-sakit.jpg

Masalah kesehatan menjadi penyebab keempat dari stress yang dialami banyak orang. Berada dalam kondisi sakit, terluka, hingga harus menghadapi prosedur serius untuk menangani penyakit serius, dapat membuat seseorang mengalami stress yang berat. 

Hal ini juga didasari oleh kekhawatiran bahwa penyakit ini akan mengancam nyawanya.

5. Stress Akibat Sulitnya Menyeimbangkan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

1588216487-stres-karir-dan-hubungan.jpg

Menyelesaikan urusan sehari-hari sekaligus tetap menjaga hubungan harmonis dengan pasangan menjadi hal yang sangat menyita pikiran dan perasaan. 

Karena itu, seperti empat penyebab lain, masalah pribadi dan pekerjaan yang sulit ditemukan jalan tengahnya, akan membuat kita merasa frustasi dan tertekan.

Menghadapi masalah-masalah tersebut, apa yang disarankan oleh para peneliti?

Pertama-tama, kamu perlu mencari tahu dulu apa penyebab stress kamu. Lalu, kamu bisa mengolah stress kamu sesuai dengan masalah yang kamu hadapi. 

Rawatlah dirimu sebaik mungkin dengan menjaga pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan tidur yang berkualitas. 

Ambillah waktu istirahat dari rutinitasmu dan recharge dirimu dengan melakukan hobi yang kamu sukai. 

Berbagilah dengan orang yang nyaman buatmu seperti sahabat atau orang tua. Jika perlu, berkonsultasilah pada terapis kalau kamu perlu bantuan lebih.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait