beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

7 Tanda Ini Buktikan Kamu Memang Lagi Stress

Itha Prabandhani,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Tanda Ini Buktikan Kamu Memang Lagi Stress
Image: Ilustrasi Stress

Jakarta - Tubuh biasanya memiliki alarm untuk memperingatkan kamu bahwa ada sesuatu yang salah dengan kesehatanmu. Tidak hanya berupa perubahan fisik, namun juga perilaku dan kebiasaan yang berubah.

Sebuah penelitian mengungkapkan, stress dapat mewujud dalam gejala-gejala fisik dan perubahan perilaku. Dengan mengenali tanda-tanda ini, kamu bisa segera melakukan tindakan antisipasi, agar kondisimu tidak makin serius.

Berikut adalah tanda-tanda yang patut kamu waspadai, guys!


1. Selalu Merasa Lelah

Rasa stress membuat tubuhmu mengeluarkan hormon yang akan meningkatkan detak jantung dan ritme bernapasmu. Kondisi ini akan membuatmu merasa lelah terus menerus. Selain itu, stress juga mengakibatkan tidurmu tidak berkualitas. Hal ini juga menyebabkan kamu kurang berenergi.


2. Sakit Kepala

Ketegangan yang ditimbulkan oleh rasa stress akan membuatmu merasakan sakit kepala. Kadang-kadang, rasa ini dibarengi dengan rasa tegang di leher bagian belakang, hingga pundak.


3. Gangguan Pencernaan

Saat stress, kamu juga bisa mengalami sakit perut, kembung, konstipasi, ataupun diare. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan diatur oleh sistem saraf, di mana saraf berfungsi sebagai mediator dari rasa stress.


4. Tidak Bergairah

Stress juga dapat mengakibatkan seseorang kehilangan gairah seksualnya. Hal ini dikarenakan kurangnya keseimbangan hormon dalam tubuh akibat ketegangan saraf.


5. Perubahan Nafsu Makan

Perubahan nafsu makan, baik berkurang maupun bertambah, juga diakibatkan oleh stress. Dalam kondisi stress ringan, otak akan memproduksi hormon kortikotropin, yang akan mengurangi nafsu makanmu.

Namun, dalam kondisi stress yang berat, otak akan memproduksi hormon kortisol, yang akan membuat nafsu makanmu bertambah, terutama untuk mengonsumsi makanan manis dan makanan dari tepung. Kondisi inilah yang disebut dengan “stress eating.”


6. Rambut Rontok

Jangan sepelekan masalah kerontokan rambut, guys. Meskipun ada penyebab lain seperti kurangnya menjaga kesehatan kulit kepala, rambut rontok juga bisa terjadi akibat stress.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, stress mengakibatkan produksi hormon-hormon tertentu dalam tubuh kita meningkat. Hal inilah yang juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut.


7. Gampang Sakit

Stress dapat memengaruhi kekebalan tubuh, sehingga kamu gampang terserang penyakit. Hormon kortisol yang muncul saat stress, mengakibatkan hormon DHEA yang mengatur sistem imun tubuh kamu, tidak dapat berproduksi.

Kondisi ini menyebabkan kamu mudah terserang berbagai penyakit karena pertahanan tubuhmu melemah.

Jadi, kenali tanda-tanda tersebut dan kelola stress kamu dengan baik ya, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait