beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Pulau Komodo

Annisa Tiara Jelita,
25 November 2022 18.47.21 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Pulau Komodo
Image: Pulau Kelor. (Pinterest/Hendra Wijaya Sidabutar)

Jakarta - Harga tiket masuk Pulau Komodo dan Padar akan naik menjadi Rp 3,75 juta mulai 1 Januari 2023 mendatang. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Zeth Sony Libing.

Pulau Komodo terletak di Taman Nasional Komodo yang berdekatan dengan Pulau Rinca dan Pulau Padar. Komodo sendiri merupakan spesies langka yang hampir punah, namun dengan berkunjung ke Pulau Komodo, kalian dapat langsung menemui banyak komodo yang terawat. 

Taman Nasional Komodo didirikan sejak tahun 1980 di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Karena kelangkaan dan keunikannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO pada tahun 1986.

Di sekitar Pulau Komodo, kamu juga dapat melihat kera, babi hutan, biota laut, dan masih banyak hewan lainnya. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk kalian kunjungi saat libura. Ada juga nih 5 tempat wisata di sekitar Pulai Komodo yang wajib kamu kunjungi, berikut ulasannya.

1. Gili Lawa

1669290037-Gili-Rawa.JPGSumber: Gili Lawa. (Pinterest/Alfan Cahyadi)

Gili Lawa berhadapan langsung dengan laut Flores. Sebenarnya, Gili Lawa terbagi menjadi dua pulau yang berbeda yaitu Gili Lawa Darat dan laut.

Keduanya memiliki pemandangan yang unik dan indah. Ujung dari kedua pulau memanjang dan hampir bersentuhan. Oleh karena itu laut terlihat seperti selat yang kecil.

2. Wae Rebo

1669290067-Wae-Rebo.JPGSumber: Wae Rebo. (Pinterest/Hallo Indo)

Wae Rebo merupakan desa yang terletak di tengah pegunungan. Rumah adat pada desa tersebut berbentuk kerucut dan atapnya terbuat dari daun lontar. Hal tersebut menjadikan Desa Wae rebo terlihat unik walau akses menuju kesana membutuhkan perjuangan yang sangat ekstra. 

3. Pulau Kelor

1669290135-Pulau-Kelor.JPGSumber: Pulau Kelor. (Pinterest/Hendra Wijaya Sidabutar)

Pulau Kelor adalah salah satu pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari Pulau Komodo. Di sekitar pulau terdapat area snorkling dengan pemandangan bawah laut yang indah.

4. Pulau Kalong

1669290167-Pulau-Kalong.JPGSumber: Pulau Kalong (Pinterest/Remote and Afloat)

Pulau Kalong memiliki bayak pohon yang menjadi tempat tinggal kelelawar atau kalong. Itulah yang menjadi alasan nama dari pulau tersebut. Di sini, kamu dapat melihat banyaknya kelelawar yang bangun dan terbang untuk mencari makan, pergi meninggalkan pohon mulai dari jam 6 sore atau ketika matahari mulai terbenam.

5. Pink Beach

1669290208-Pink-Beach.JPGSumber: Pink Beach. (Pinterest/ Hello Indo)

Kamu memerlukan waktu 20 hingga 30 menit untuk pergi ke Pink Beach dari Taman Nasional Komodo. Ujung pantai ini diapit oleh gunung-gunung raksasa yang menjadikan itu indah.

Selain itu pasir berwarna pink juga menjadikan pantai ini indah dan beda dari pantai lainnya. Jika pergi ke pantai ini, dianjurkan untuk membawa peralatan snorkling karena pemandangan bawah laut sangat indah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait