beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Resep Bumbu Sate Sapi dan Kambing Sebelum Dibakar 

Griska Laras,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Resep Bumbu Sate Sapi dan Kambing Sebelum Dibakar 
Image: Instagram @dapurmamih_sateku

Jakarta – Sate adalah salah satu makanan yang banyak dihidangkan saat Idul Adha. Biasanya sate diolah dengan bumbu kecap manis yang diberi irisan bawang dan cabai rawit. Bumbu ini cukup sering dipakai karena simpel dan tidak memakan banyak waktu.

Tapi jika Urbanreaders bosan dengan bumbu kecap, lima resep bumbu sate sapi dan kambing ini bisa kamu coba. 

1. Bumbu Pedas Manis

1657277837-sate-daging-pedas-manis.jpgSumber: Sate daging pedas manis/Martvie Anggie

Selain bumbu kecap, kamu bisa berkreasi dengan saus pedas manis ala Korea, Urbanreaders. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sate bumbu pedas manis pedas manis antara lain, bawang putih halus, saus tomat,  minyak wijen, dan gochujang. 

Cara membuat sate pedas manis ala Korea ini cukup simpel. Kamu hanya perlu memarinasi daging dengan bumbu. Setelah itu bakar daging di atas bara sambil dioles dengan sisa saus. Jika Urbanreaders memakai daging kambing, kamu bisa membalurkan daging dengan parutan nanas untuk menghilangkan bau prengus.

2. Bumbu Sate Maranggi 

1626427510-Sate-Maranggi-Pinterest-Tastemade.jpgSumber: Ilustrasi sate maranggi (Pinterest/Tastemade)

Sate maranggi adalah hidangan yang cukup banyak disukai. Makanan khas Purwakarta ini identik dengan rasanya yang manis dan gurih. Bahan-bahan untuk membuat bumbu sate maranggi antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar sangrai, dan lengkuas. 

Semua bahan tadi dihaluskan dan ditumis hingga harus. Setelah itu campurkan bumbu yang telah ditumis dengan daging, air asam jawa, lada, garam, gula merah, dan sedikit minyak. Aduk rata dan diamkan selama enam jam agar bumbu meresap.

Rahasia kelezatan sate maranggi ada di daging yang empuk. Untuk mendapatkan tekstur ini, kamu bisa membalut daging dengan daun pepaya  selama setengah jam sebelum dibumbui. 

3. Bumbu Sate Rembiga

1644316130-Sate-Rembiga-.jpegSumber: Sate Rembiga/Cookpad

Buat kamu yang suka makanan pedas, sate rembiga mungkin bisa jadi sajian yang tepat untuk Idul Adha nanti. Sate khas Lombok ini dimasak dengan bumbu pedas manis. 

Untuk memasak sate rembiga, kamu perlu menyiapkan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah, gula jawa, kecap manis, air asam jawa, dan garam. Haluskan semua bahan lalu campur dengan daging yang telah dipotong dadu.

Setelah itu, bakar di atas grill pan sambil dioles dengan sisa bumbu. Sate rembiga biasanya disajikan dengan lontong dan plecing kangkung sebagai pelengkap. 

4. Bumbu Sate Teriyaki

1657277471-Sate-teriyaki-readyseteat.jpegSumber: Sate teriyaki/readyseteat

Penggemar makanan Jepang pasti sudah nggak asing dengan teriyaki. Teriyaki adalah masakan yang menggunakan kecap asin dan gula sebagai bahan utamanya. Urbanreaders bisa loh memakai bumbu teriyaki jika ingin mencicipi sate dengan rasa yang lebih modern.  

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sate teriyaki cukup simpel. Kamu hanya perlu menyiapkan bawang putih halus, jahe parut, air, kecap asin, kecap manis, saus tiram, dan minyak wijen.  

Campurkan semua bumbu ke dalam wadah dan aduk sampai merata. Setelah itu masukan daging sapi dan kambing yang telah dipotong kecil-kecil dan diamkan tiga puluh menit. Bakar sate di atas bara api sambil diolesi sisa bumbu sampai matang. Untuk mempercantik penampilan, sajikan sate yang telah dibakar dengan irisan daun bawang. 

5. Bumbu Sate Bulgogi

1657277815-sate-bulgogi.jpgSumber: Sate bulgogi/Bara Lim

Bulgogi adalah salah satu kuliner dari negeri gingseng yang cukup populer. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang ditumis dan dimarinasi dengan kecap asin, gula, dan rempah. Daging untuk membuat bulgogi biasanya diiris tipis-tipis. Tapi, kamu juga bisa memotong dagingnya dalam bentuk dadu seperti sate pada umumnya. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sate bulgogi adalah pir parut, bawang bombay cincang, bawang putih halus, kecap asin, minyak wijen, jahe parut, merica hitam bubuk, dan minyak sayur.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, campurkan daging dengan bumbu ke dalam wadah. Kemudian, aduk dan remas-remas daging sampai tercampur rata. Diamkan selama satu atau dua jam agar bumbu meresap. Setelah itu susun daging dalam tusuk sate dan panggang hingga matang. 

Nah itu dia lima bumbu sate sapi dan kambing sebelum dibakar buat sajian Idul Adha nanti. Selamat mencoba, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait