Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

5 Simbol Lambang Pancasila Lengkap Beserta Maknanya

Elga Nurmutia,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Simbol Lambang Pancasila Lengkap Beserta Maknanya
Image: Garuda Pancasila (Pinterest/NikoEkaPutra)

Jakarta -  Setiap simbol pada lambang Pancasila memiliki sebuah makna. Rupanya, pada lambang negara Garuda Pancasila terdapat lima simbol di bagian perisai dada. Apakah Urbanreaders sudah tahu urutan dan maknanya?

Pancasila merupakan dasar ideologi bangsa Indonesia serta memiliki lima simbol yang setiap simbol tersebut memiliki arti dan juga makna. Pada lambang Garuda Pancasila ada lima simbol, yakni bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan juga kapas.

Kali ini, Urbanasia akan membahas lima simbol lambang Pancasila lengkap beserta maknanya. Hal itu telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/10/2021), sebagai berikut.

Urutan dan Makna dari  Lambang Pancasila

1. Simbol Bintang

1633411203-bintang.jpgSumber: Simbol bintang. (Kemendikbud)

Bintang merupakan simbol dari sila pertama pancasila yang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Bintang emas ini terletak pada bagian tengah perisai. 

Bintang yang terdapat pada sila pertama melambangkan cahaya kerohanian bagi umat manusia. Simbol bintang emas ini merupakan cahaya yang menerangi dasar negara, yaitu lima sila.

Selain itu, bintang emas dengan latar belakang hitam menggambarkan warna dari alam sebagai berkah dari Tuhan.

2. Simbol Rantai

1633411207-rantai-emas.jpgSumber: Simbol rantai emas. (Kemendikbud)

Rantai merupakan simbol dari sila kedua pancasila yang melambangkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai emas dengan latar belakang merah ada di kanan bawah perisai.

Rupanya, rantai emas tersebut ada mata rantai  segi empat dan juga lingkaran yang saling berkaitan sehingga menjadi lingkaran. Rantai yang terdapat pada simbol Pancasila ini melambangkan setiap manusia ini membutuhkan satu sama lain serta perlu menyatu agar kuatnya seperti rantai.

Lalu, mata rantai segi empat ini merupakan lambang laki-laki, sedangkan mata rantai lingkaran merupakan lambang perempuan. Rantai dalam simbol Pancasila terdapat 17 gelang yang tersusun dalam simbol rantai. Artinya, dalam bagi masyarakat Indonesia yang menjalani kehidupan harus saling membantu sama lain dan bergotong royong. 

Jika kamu perhatikan, ada 17 gelang yang disusun dalam simbol rantai.

3. Simbol Pohon beringin

1633411198-pohon-beringin.jpgSumber: Simbol pohon beringin. (Kemendikbud)

Pohon beringin merupakan simbol sila ketiga yang melambangkan Persatuan Indonesia. Simbol ini memiliki latar belakang putih dengan pohon beringin hijau. Letaknya ada di bagian atas Pancasila

Pohon beringin yang terdapat pada simbol Pancasila sila ketiga melambangkan Indonesia, seluruh rakyat Indonesia berada dibawah naungan negara Indonesia.Pohon beringin yang menjadi simbol Pancasila dikarenakan pohon besar yang mampu meneduhi banyak orang yang berada di bawah pohon tersebut.

Sementara itu, ranting-ranting yang terdapat pada Pohon Beringin menggambarkan Indonesia terdapat banyak suku, budaya, dan juga agama. Meskipun beragam tetap bersatu menjadi bangsa Indonesia di bawah lambang Pancasila.

4. Simbol Kepala Banteng

1633411212-kepala-banteng.jpgSumber: Simbol kepala banteng. (Kemendikbud)

Kepala banteng merupakan lambang sila keempat yang melambangkan sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Simbol ini berlatar merah dengan kepala banteng hitam. Simbol ini juga tepatnya pada kiri atas perisai.

Banteng ini melambangkan simbol permusyawarahan dalam sila keempat. Banteng ini rupanya memiliki filosofi menjadi hewan yang suka berkumpul. Hal itu berkaitan dengan musyawarah, yakni orang-orang berdiskusi agar terlahir suatu keputusan.

5. Simbol Padi dan Kapas

1633411216-padi-kapas.jpgSumber: Simbol padi dan kapas. (Kemendikbud)

Padi dan kapan merupakan lambang sila kelima yang melambangkan sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Simbol padi ini memiliki warna kuning dan kapas dengan warna hijau,  serta memiliki latar berwarna putih. Simbol padi dan kapas berada di kiri bawah perisai.

Padi yang terdapat pada simbol Pancasila sebagai sila kelima melambangkan pangan dan sandang, yaitu sebuah syarat pokok kemakmuran. Padi dan kapas ini merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, yaitu pangan dan papan. Dalam hal ini, memiliki arti tidak ada kesenjangan setiap masyarakat Indonesia.

Nah, itu dia informasi yang bisa Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait