beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Tanda Alergi Lipstik dan Cara Mengatasinya

Itha Prabandhani,
sekitar 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tanda Alergi Lipstik dan Cara Mengatasinya
Image: Freepik

Jakarta - Penggunaan produk makeup termasuk lipstik, juga bisa menimbulkan reaksi alergi, loh. Produk makeup yang satu ini terbuat dari bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan reaksi tertentu pada kulit dan permukaan bibir kamu. 

Bahkan, dalam kondisi serius, alergi ini dapat menimbulkan respons serius dari tubuh seperti sesak napas dan juga mual dan muntah.

Penyebab alergi sendiri bisa dipicu oleh ketidakcocokan dengan salah satu bahan yang terkandung di dalam produk lipstik. Nah, biar terhindar dari risiko yang berbahaya akibat alergi penggunaan lipstik, kamu perlu mengenali tanda-tandanya berikut ini.

1. Sensasi Panas dan Gatal di Bibir

1597803327-panas.jpgSumber: Freepik

Reaksi alergi akibat penggunaan lipstik dapat menimbulkan sensasi panas dan gatal di bibir kamu. Reaksi ini disebabkan oleh kandungan paraben yang ada di dalamnya. 

Kandungan paraben biasanya tertulis sebagai methylparaben, propylparaben, butylparaben, ethylparaben, 4-hydroxy methyl ester benzoic acid, atau methyl 4-hydroxybenzoate. 

Paraben berfungsi sebagai pengawet produk makeup. Namun, kandungan ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit kamu sehingga terasa panas atau gatal.

2. Bengkak pada Bibir

1597803377-bengkak.jpgSumber: Freepik

Selain merasakan panas dan gatal, reaksi alergi akibat paraben juga bisa menimbulkan bengkak pada bibir kamu. 

Karena bengkak, kamu mungkin juga akan merasakan mati rasa di area bibir atas dan bawah. Reaksi ini bisa muncul pada sekali pemakaian maupun setelah beberapa kali pemakaian.

3. Mata dan Hidung Berair

1597803393-mata-berair.jpgSumber: Freepik

Reaksi pada mata dan hidung biasanya diakibatkan oleh kandungan parfum atau fragrance yang ada di dalam lipstik. Meski tidak terserap dalam tubuh dan bereaksi dengan sel darah putih, pengharum lipstik ini bisa menimbulkan iritasi pada hidung dan mata, yang membuatnya berair.

4. Bibir Kering dan Pecah-pecah

1597803386-kering.jpgSumber: Freepik

Penggunaan lipstik yang berbahan berbahaya dapat menimbulkan peradangan di bibir. Kondisi ini dapat membuat bibir kamu menjadi kering dan pecah-pecah. Selain itu, mulut juga akan terasa kering dan tidak nyaman.


5. Mual dan Muntah

1597803405-mual.jpgSumber: Freepik

Dalam kondisi reaksi alergi dibiarkan terlalu lama, tubuh akan bereaksi lebih serius. Alergi ini dapat menyebabkan pusing, nyeri di dada, tubuh merasa lemas, hingga mengalami mual dan muntah. 

Pada kasus terparah, alergi dapat menimbulkan bengkak pada tenggorokan, hingga kamu kesulitan untuk bernapas.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jika kamu mengalami reaksi alergi, segera hentikan pemakaian lipstik untuk sementara waktu. Lalu, lakukan beberapa hal untuk ‘mengistirahatkan’ bibir dari bahan-bahan kimia dengan cara:

1. Oleskan gel lidah buaya pada bibir untuk mengurangi peradangan.

2. Kompres bibir dengan es batu hingga bengkak berkurang.

3. Kompres bibir dengan kantong teh yang sudah didinginkan dalam kulkas.

4. Jika kondisinya belum membaik, kamu perlu mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat anti alergi yang sesuai.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait