beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Tanda Pekerjaan Mulai Ganggu Hubungan Percintaan    

Itha Prabandhani,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tanda Pekerjaan Mulai Ganggu Hubungan Percintaan     
Image: Freepik

Jakarta - Menyeimbangkan urusan pekerjaan dan percintaan memang bisa jadi tantangan tersendiri. Apalagi kalau kamu lagi dalam posisi meniti karier, sementara hubungan asmaramu terus ditekan dengan pertanyaan “Kapan nikah?”

Situasi seperti ini adalah kondisi klasik yang biasanya dialami di umur menjelang atau 30an. Tak heran kalau kamu bisa jadi sangat tertekan dan terpaksa harus memilih antara pekerjaan atau percintaan.

Idealnya, dua hal ini bisa berjalan beriringan tanpa saling terganggu. Namun, seringnya dua hal ini saling tumpang tindih dan sama-sama menuntut perhatian. Akhirnya, salah satu harus dikorbankan.

Tentunya kamu nggak ingin hal ini terjadi, kan? Kalau kamu lagi struggle dengan masalah yang sama, yuk kenali tanda-tandanya bahwa pekerjaanmu sudah memengaruhi hubungan pribadimu. Dengan mendeteksi masalahnya lebih awal, kamu bisa mencari solusi terbaik buat masalahmu.

1. Waktumu Habis Buat Urusan Pekerjaan

1586781769-sibuk-sendiri-dengan-HP.jpgSumber: Ilustrasi sibuk sendiri dengan HP

Saat ada telepon berdering dari atasan atau ada e-mail yang masuk ke inboxmu, kamu harus buru-buru meresponsnya, bahkan di luar jam kerja.

Meskipun beberapa jenis pekerjaan menuntut karyawannya untuk selalu on call, kamu tetap perlu memberi batasan dan memberi istirahat pada dirimu sendiri. Saat kamu lagi sama orang tersayang, fokuskan perhatian sepenuhnya pada momen spesialmu.

2. Pasangan Terus Menuntut Perhatian

1605348309-kekerasan-verbal5.jpgSumber: Freepik

Pasangan yang merasa dicuekin dan kurang perhatian adalah salah satu tanda bahwa pembagian waktumu sudah tidak ideal lagi. Kalau pacar, istri, atau suami kamu mulai protes dan mengatakan bahwa kamu terlalu sibuk ngurusin kerjaan, artinya memang ada yang harus diubah dalam pengaturan waktumu.

3. Topik Pembicaraan Didominasi Pekerjaan

1624355095-bosan---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Ilustrasi. (freepik/cookiestudio)

Stres di tempat kerja, tekanan dari atasan, atau dikejar target, adalah topik yang sering banget muncul dalam pembicaraan kamu dan pasangan. Itu artinya, pikiranmu sudah didominasi oleh pekerjaan.

Alih-alih membicarakan hubungan atau quality time, kamu malah membawa masalah kerjaan ke area pribadi. Berbagi dengan pasangan sih boleh aja, tapi beri waktu juga buat membicarakan masalah kalian berdua.

4. Lebih Sering Berantem

1594259570-penyebab-bertengkar.jpgSumber: Ilustrasi bertengkar sama pacar. Sumber: Freepik

Hubungan yang dulunya adem ayem, sekarang lebih sering diwarnai dengan pertengkaran. Ketegangan hubungan kamu dan dia kemungkinan karena kamu terlalu stres, lelah, dan juga tuntutan dari pasangan. Sebaiknya, kamu mencari solusi agar masalah dalam pekerjaanmu teratasi tanpa harus mengorbankan hubungan pribadimu.

5. Mood Kamu Dipengaruhi Situasi di Kantor

1585209980-Lebih-sibuk.jpgSumber: Freepik

Masalah yang terjadi di kantor bikin kamu jadi uring-uringan, moody, dan bete. Dengan kata lain, kamu melampiaskan kekecewaan, kekesalan, maupun energi negatif dari pekerjaan pada orang di sekitarmu.

Kebiasaan ini lama-lama bisa menggerogoti hubunganmu dengan dia. Semua urusan pekerjaan seharusnya ditinggalkan di kantor dan tidak ‘dibawa pulang’.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait