menu
user
URtainment

5 Tanda si Dia Lagi Bohongin Kamu

Itha Prabandhani,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tanda si Dia Lagi Bohongin Kamu
Image: Ilustrasi bohong
Berita Terkait

    Jakarta - Dibohongin orang lain memang ngeselin banget. Apalagi, sama orang yang kita sayangi. Tapi, sepandai-pandainya kebohongan ditutupi, bakalan ada yang bisa mengungkapnya. Sepintar-pintarnya mulut berkelit, ada tanda-tanda lain di tubuh yang nggak bisa bohong, guys.

    Meskipun kamu sangat ahli dalam meyakinkan orang lain dengan kebohongan, bahasa tubuh yang lain akan mengatakan yang sebenarnya. Ini biasanya terjadi karena saat kamu berbohong, kamu akan memfokuskan diri pada kata-kata yang kamu ucapkan dan tidak terlalu memperhatikan gerak gerik tubuh kamu.

    Nah, biar kamu bisa mendeteksi orang-orang yang lagi bohong sama kamu, termasuk pacar, coba perhatikan deh gerak-gerik tubuhnya berikut ini, guys!

    1. Banyak Jeda

    1590563184-jeda.jpg

    Saat seseorang sedang berbohong tanpa dipersiapkan dengan matang, biasanya dia akan memikirkan alasan buat ngeles sembari dia menjelaskan. Karena itu, dia akan berbicara dengan banyak jeda untuk memikirkan kalimat selanjutnya. Jeda ini bisa berupa diam atau ekspresi seperti mmm.., anu.., apa ya.., dan lain-lain.

    2. Telat Emosinya

    1590563203-telat-emosi.jpg

    Secara teori, perasaan seseorang akan muncul lebih dulu atau bersamaan dengan kata-kata yang diucapkan. Misalnya, saat mengucapkan selamat untuk orang lain, ekspresi wajah, mata, dan senyum lebar akan terlihat lebih dulu sebelum bilang “Selamat, ya!” Kalau ekspresi ini datang belakangan, besar kemungkinan ucapannya palsu atau nggak tulus.

    Ekspresi perasaan ini juga biasanya hanya berlangsung sekitar 5 detik. Lagipula, nggak biasanya kan kamu senyum lebar sampai lebih dari 15 detik?

    3. Sering Mengulang Penjelasan

    1590563221-mengulang2.jpg

    Saat sedang berbohong, tanpa disadari dia akan mengulang-ulang informasi yang sama. Ini karena secara naluri, dia ingin meyakinkan kamu dengan cerita bohongnya.

    Selain itu, dia juga biasanya mengulang pertanyaanmu sebelum menjawabnya. Seperti, “Kemarin aku ke mana? Ketemuan sama teman kuliah seperti yang aku bilang tadi.” Mengulang pertanyaan juga adalah insting saat berbohong untuk memberi waktu berpikir dan menjawab pertanyaan.

    4. Nggak Pakai Ekspresi

    1590563242-nggak-pakai-ekspresi.jpg

    Perasaan yang tulus biasanya akan dibarengi dengan ekspresi seluruh wajah. Pernah dengar kan ungkapan yang mengatakan bahwa “orang bisa mendengar senyumanmu melalui suaramu”, atau “mata akan berbicara seribu bahasa”.

    5. Menutupi Mulut

    1590563262-menutup-mulut.jpg

    Tanpa disadari, orang yang sedang berbohong akan sesekali menutupi mulutnya saat berbicara. Hal ini karena secara psikologis dia merasa kurang nyaman mengucapkan hal yang tidak jujur. Jadi, saat kamu melihat tindakan ini, waspadalah bahwa kamu lagi dibohongi, guys.

    Komentar
    paper plane