menu
user
URstyle

Cewek Punya Kelenjar Pendeteksi Kebohongan, Benarkah?

Itha Prabandhani,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cewek Punya Kelenjar Pendeteksi Kebohongan, Benarkah?
Image: Sisi lain wanita. (Ilustrasi/Pixabay)

Jakarta - Urbanreaders nyadar nggak sih kalau berbohong pada perempuan lebih sulit ketimbang pada laki-laki? Misalnya, kepada pacar, istri, atau ibu kita. 

Besar kemungkinan bahwa kebohongan kita akan terbongkar dengan mudah. Kok bisa gitu, ya? Konon, cewek dilahirkan dengan kelenjar yang bisa mendeteksi kebohongan. Bener nggak, sih?

Kemampuan cewek dalam mendeteksi kebohongan ternyata ada penjelasan ilmiahnya loh, guys.

Menurut themindsjournal.com, otak cowok dan cewek dibangun dari struktur yang berbeda. Akibatnya, terjadi perbedaan pula dalam hal pola pikir, logika, persepsi, analisis, emosi, dan indera, guys.

Ada beberapa kelebihan bawaan lahir yang bikin cewek jadi ahli dalam mendeteksi kebohongan. Penasaran kan? Yuk, disimak guys! 
 

1. Pandai Membaca Ekspresi

Cewek adalah pembaca ekspresi wajah yang baik. Otak cewek bisa mengamati ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan kata-kata yang diucapkan. Kalau ada salah satu unsur yang tidak sinkron, bisa dipastikan lawan bicaranya sedang berbohong.

 

2. Memiliki Banyak Serotonin

Otak cewek mengandung banyak serotonin, yaitu zat kimia dalam tubuh yang memberikan rasa tenang dan nyaman. Cewek akan cenderung lebih kalem dan bisa menguasai diri ketika berada di bawah tekanan.

Sebaliknya, cowok akan cenderung bersikap gegabah dan emosional. Karena itu, ketika berbohong, cowok akan bersikap tidak wajar dan tidak tenang sehingga kebohongannya sangat mudah terdeteksi.


3. Memori Lebih Besar

Pusat memori (hippocampus) pada otak cewek lebih besar ketimbang otak cowok. Itu kenapa, cewek cenderung lebih bisa mengingat dengan detail sebuah peristiwa.

Jadi, berita bohong yang tidak sesuai dengan database di memorinya, akan bisa diketahui dengan mudah.

 

4. Intuisi Lebih Kuat

Intuisi pada cewek berasal dari hormon testosteron yang diproduksi oleh indung telur. Selain memberikan identitas fisik, hormon ini juga dapat meningkatkan sensitivitas intuisi atau suara hati.  Karena itu, biasanya cewek akan lebih cepat mendeteksi jika ada sesuatu yang tidak beres.

 

5. Pola Komunikasi Lebih Baik

Cewek adalah komunikator ulung. Hal ini dikarenakan cewek bisa memaksimalkan kinerja otak kanan dan kirinya secara berimbang. 

Karena itu, biasanya cewek akan lebih mudah memenangkan perdebatan dan pandai mengulik fakta yang tersembunyi dengan teknik komunikasinya.

Lalu, dengan modal bawaan lahir ini, apakah artinya cewek bisa lebih jago berbohong daripada cowok? Hmmm, kasih tahu nggak ya?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait