menu
user
URguide

5 Tips agar Pakaian Tak Bau Apak saat Musim Hujan

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips agar Pakaian Tak Bau Apak saat Musim Hujan
Image: Ilustrasi menjemur pakaian. Sumber: pixabay/ skitterphoto.

Jakarta – Urbanreaders saat musim hujan tiba, masalah yang seringkali dihadapi oleh banyak orang salah satunya adalah aroma baju yang bau apak. Betul enggak guys?

Sulitnya mendapat akses panas sinar matahari saat musim hujan, tak jarang membuat kondisi pakaian menjadi lembap dan sulit untuk kering yang akhirnya justru membuat bakteri tumbuh dan menyebabkan bau apak pada pakaian.

Maka, enggak sedikit orang yang akhirnya memilih untuk mencuci ulang pakaian yang terkena tampias air hujan tersebut agar beraroma lebih segar. Sebab, jika hanya mengandalkan parfum terkadang bau apaknya masih tetap tercium.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, untuk mengatasi hal ini Urbanasia punya tips supaya pakaian kamu terhindar dari bau apek saat musim hujan. Simak informasi berikut ini ya. 

1. Perhatikan Cara Mencuci Pakaian

1614002505-f4d9dc4ad336ff37f5a109c294337e77.jpg-rendam-pakaian.-ilustrasi-pinterest-by-Home-Hacks.jpgSumber: Ilustrasi mencuci pakaian. Sumber: pinterest/ homehack.

Saat kamu mencuci pakaian, usahakan untuk membilas pakaian hingga bersih dan memastikan tidak ada deterjen yang masih menempel pada pakaian. Karena seringkali aroma tidak sedap pada pakaian biasanya muncul disebabkan oleh sisa deterjen yang masih menempel pada pakaian.

Setelah dibilas, rendam pakaian dengan menggunakan pewangi khusus, supaya aromanya bisa diserap oleh pakaian.

2. Prioritaskan Pakaian yang Ingin Dicuci

Saat musim hujan tiba, pakaian akan sangat sulit untuk kering secepat biasanya. Nah, oleh karena itu penting buat kamu memilah pakaian mana yang akan dicuci lebih dulu. Prioritaskan pakaian yang penting atau wajib kamu pakai, misalnya seragam sekolah, pakaian dalam ataupun seragam kerja.

Untuk mempermudah kamu dalam memilah pakaian, kamu bisa menyediakan keranjang khusus yang bisa kamu taruh di dekat kamar mandi.

3. Rendam Pakaian Sebelum Dicuci

Setelah kamu memilah pakaian yang akan dicuci, rendam pakaian tersebut dalam deterjen selama 30 menit. Selain membuat pakaian lebih wangi, hal ini juga bertujuan supaya hasil cucian pakaian kamu jadi lebih bersih nih guys.

Tapi kamu juga harus tau, merendam baju dalam deterjen tidak boleh terlalu lama, karena kalau direndam terlalu lama baju akan mudah rusak.

Untuk mengatasi kerusakan pada baju, kamu juga bisa coba mengganti deterjen dengan menggunakan cuka atau baking soda. kedua bahan tersebut dapat membantu menghilangkan noda dan bau yang tidak sedap secara alami pada pakaian.

4. Gunakan Mesin Cuci yang Bisa Mengeringkan Pakaian

1614002517-pexels-photo-5591460.jpeg-mesin-cuci-pixabay-by-rodnaeproductions.jpegSumber: Ilustrasi mesin cuci. Sumber: pixabay/ rodnae productions.

Saat ini, banyak mesin cuci yang juga punya fitur pengering sekaligus. Fitur ini dapat membantu pakaian menjadi lebih cepat kering walau tanpa panas matahari sekalipun. Sehingga, saat dikeluarkan dari mesin cuci, pakaian bisa langsung disetrika atau dilipat dan disimpan ke lemari pakaian.

Tapi enggak semua mesin cuci punya fitur pengering nih guys, ada juga mesin cuci yang fitur pengeringnya hanya menjadi setengah kering. Sehingga, saat pakaian dikeluarkan dari mesin cuci masih dalam keadaan setengah kering dan masih harus dijemur. Supaya pakaian nggak bau apek, kamu perlu menggantungnya di ruangan yang cukup hangat dan mendapat sirkulasi angin yang baik dan tidak lembap.

5. Jemur Pakaian di Dalam Ruangan

Menjemur pakaian di dalam ruangan menjadi pilihan satu-satunya saat musim hujan tiba. Agar pakaian lebih cepat kering saat dijemur di dalam ruangan, kamu bisa memanfaatkan lampu ruangan. 

Lampu bisa memancarkan panas, hal ini bisa membantu pakaian kamu jadi lebih cepat kering. Cara ini juga bisa berguna saat kamu harus mengeringkan pakaian di malam hari saat pakaian harus kamu gunakan besok pagi.

Nah, mulai sekarang kamu nggak perlu bingung lagi ya guys bila musim hujan melanda. Kamu bisa gunakan kelima tips diatas supaya pakaianmu terhindar dari bau apak, selamat mencoba guys.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait