Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

5 Tips Agar Peluang Lolos SNMPTN 2022 Semakin Besar

Nivita Saldyni,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Agar Peluang Lolos SNMPTN 2022 Semakin Besar
Image: Ilustrasi - Peserta mengikuti pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Institut Teknologi Bandung, Bandung. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/am.

Jakarta - Proses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 resmi dibuka, Urbanreaders. Mulai 4 Januari 2022, pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) suda dibuka dan sekolah sudah bisa mulai mengisi data siswanya.

“Langkah pertama diawali dengan registrasi akun LTMPT bagi sekolah mulai 4 Januari 2022 lalu diikuti registrasi akun LTMPT oleh siswa mulai 10 Januari 2022. Batas akhir registrasi akun sekolah dan siswa pada 15 Februari 2022,” kata Ketua LTMPT Mochamad Ashari dalam konferensi pers, Selasa (4/1/2022).

Nah, apakah kamu salah satu dari calon mahasiswa yang akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, Urbanreaders? Jika iya, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk mengikuti seleksi satu ini agar peluangmu untuk lolos semakin besar. Berikut Urbanasia bagikan lima tips mengikuti SNMPTN 2022!

1. Perhatikan Syarat Peserta dan Jadwal Seleksinya

1616479144-ilustrasi-snmptn.jpgIlustrasi. (ugm.ac.id)

Seperti yang kita ketahui, tak semua siswa bisa mengikuti proses seleksi masuk perguruan tinggi jalur SNMPTN. LTMPT selaku lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru punya syarat yang harus dipenuhi peserta.

Dilansir dari situs resmi LTMPT, siswa SMA/MA/SMK yang bisa mengikuti proses seleksi ini adalah mereka yang berada di kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022. Selain itu, peserta juga harus memiliki prestasi unggul di bidang akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Selain itu siswa juga harus memiliki NISN dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester 1 - 5 yang telah diisikan di PDSS, dan wajib menyertakan portofolio untuk yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.

Jika kamu adalah salah satu siswa di sekolahmu yang memenuhi syarat untuk mengikuti SNMPTN, maka jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mendaftarkan dirimu. Cek dan ikuti seluruh proses seleksi sesuai jadwalnya.

Untuk SNMPTN 2022 sendiri, proses diawali dengan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa melalui laman Portal LTMPT di sini. Setelah itu dilanjutkan dengan penetapan siswa yang eligible oleh sekolah mulai 04 Januari-08 Februari 2022.

Selanjutnya, pengisian PDSS akan dimulai pada 08 Januari - 08 Februari 2022. Pendaftaran SNMPTN sendiri akan dibuka pada 14-28 Februari 2022 dan hasilnya akan diumumkan pada 29 Maret 2022. Jadi jangan sampai kelewatan ya guys.

2. Pertimbangkan Nilai Rapormu dalam Pilih Program Studi

1586407683-snmptn-antara.jpgIlustrasi - Peserta mengikuti pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Institut Teknologi Bandung, Bandung. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/am.

SNMPTN adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN yang dilakukan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya (ditetapkan oleh PTN).

Hal ini membuat nilai rapor siswa di semester 1-5 jadi poin penting dalam seleksi ini. Untuk itu pastikan nilai rapor kamu meningkat setiap semester atau paling tidak stabil, bukan sekedar besar.

Selain itu, perhatikan nilai mata pelajaran yang relevan dengan jurusan yang kamu pilih. Misalnya kamu pilih jurusan Ekonomi, maka nilai mata pelajaran IPS seperti Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi akan jadi pertimbangan penting. Begitu juga dengan jurusan IPA atau pun Bahasa, termasuk kompetensi keahlian untuk siswa SMK.

Meskipun hal ini tak bisa benar-benar dibuktikan, namun ini bisa jadi pertimbangan kamu guys. Sebab selama ini kriteria pasti penerimaan SNMPTN hanya diketahui oleh universitas masing-masing.

3. Teliti dalam Memilih PTN dan Program Studi

1618279103-UTBK-SBNPTN.jpgIlustrasi - Pelaksanaan UTBK SBMPTN di UB. (Ist)

Agar peluang lolos semakin besar, kamu harus teliti dalam memilih program studi guys. Kamu bisa cari tahu dulu lebih dalam soal pilihan program studi yang ditawarkan perguruan tinggi yang ingin kamu tuju.

Nah setelah cari tahu lebih banyak, mantapkan pilihanmu. Usahakan untuk memilih yang sesuai dengan jurusan yang kamu ambil di sekolah agar peluang lolos semakin besar. Kamu juga bisa cari referensi terkait keketatan PTN dan program studi incaranmu dalam SNMPTN.

Namun jika berniat lintas jurusan, jangan lupa persyaratan dari program studi incaranmu ya. Sebab ada beberapa prodi yang menerima mahasiswa dari jurusan tertentu. Jadi pastikan teliti sebelum memilih ya, Urbanreaders.

4. Pilih Program Studi Sesuai Minat

1617067506-kampusugm.jpgIlustrasi - Universitas Gadjah Mada. (Dok. UGM)

Banyak terjadi mahasiswa merasa 'salah pilih jurusan'. Alasannya pun beragam, ada yang karena ikut-ikutan teman, kuota program studi yang besar, menganggap bahwa pesaingnya sedikit, bahkan ada juga yang memilih asal-asalan. Nah agar kamu tak mengalami hal ini, ada baiknya memilih program studi yang benar-benar kamu minati.

Dalam SNMPTN 2022, kamu bisa memilih dua program studi dari satu atau dua PTN. Jika memilih dua program studi, maka salah satunya harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asalmu. Jika memilih satu program studi, maka kamu bisa memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

Dan kamu harus ingat bahwa peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN tidak diperbolehkan untuk mengikuti UTBK-SBMPTN dan juga seleksi mandiri di sejumlah PTN yang membutuhkan nilai UTBK-SBMPTN. Untuk itu, perhatikan betul pilihanmu guys!

5. Rajin Cek Informasi Terkini Terkait SNMPTN

1615619297-SBMPTN-ITS.jpegIlustrasi. (Dok. Humas ITS)

Hal sepele namun sering diabaikan adalah memantau informasi terkini. Kamu harus rajin memantau perkembangan informasi terkait SNMPTN, siapa tahu ada perubahan jadwal ataupun informasi terbaru lainnya.

Nah informasi terkini tentang SNMPTN 2022 bisa kamu dapat melalui akun media sosial Twitter dan Instagram @ltmptofficial atau Facebook, dan TikTok LTMPT OFFICIAL. Bisa juga melalui laman ini atau layanan Call Center yang bisa dihubungi di nomor 0804 1 450 450 dan Help Desk melalui sini.

Nah itu dia guys tips dari Urbanasia untuk kamu yang bakal mengikuti SNMPTN 2022. Jangan lupa, perbanyak doa dan minta restu juga dari orang tua. Semoga berhasil, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait