beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

5 Tips Beli Motor Bekas Biar Nggak Kecewa

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Beli Motor Bekas Biar Nggak Kecewa
Image: Ilustrasi naik motor (Suzuki Indonesia)

Jakarta - Membeli sepeda motor bekas atau second menjadi sebuah solusi buat kamu yang punya budget minim. Banyaknya pilihan motor bekas yang dijajakan membuat kamu harus jeli dan cermat agar tidak kecewa nantinya.

Jika pintar memilih, kamu bisa saja mendapatkan motor sesuai keinginan dengan kualitas yang masih oke. Namun, tak sedikit orang yang masih bingung hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli motor bekas.

Nah, Suzuki Indonesia memberikan tipsnya nih buat kamu untuk bisa mendapat motor bekas idaman, apa aja ya? Berikut ulasannya!

1. Kenali Harga Pasaran Motor Saat Ini

Penting sekali untuk tahu harga pasaran motor baru dan bekas saat ini. Karena, hal ini sangat membantu kamu agar tidak tertipu oleh penjual nakal dan bisa mendapatkan motor sesuai dengan budget. 

Jika harga motor bekas yang ditawarkan tidak terlalu jauh dengan harga barunya tentu kamu akan rugi. Nah, mengetahui harga juga menghindari kamu agar tidak tergiur dengan tawaran motor harga murah yang malah mencurigakan. Kamu bisa mengetahui harga pasaran motor dari kerabat, sosial media atau media lainnya. 

2. Tak Lupa Memeriksa Surat Kendaraan

Pada saat mengecek kondisi motor, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, guys. Pertama adalah soal surat-surat kendaraan. Berkas yang dicek adalah STNK dan juga BPKB harus sesuai dengan plat motor dan cek juga nama pemilik sepeda motor. 

Melalui BPKB, kamu akan tahu apakah kendaraan sudah sering diperjualbelikan atau baru di tangan pertama. Mengetahui surat ini bertujuan agar kamu tidak membeli motor curian mengingat saat ini begitu banyak kasus curanmor. 

1623816809-motor-bekas.jpegSumber: ilustrasi mengendarai sepeda motor (Suzuki Indonesia)

3. Mencocokan Nomor Rangka dan Mesin

Tips membeli motor bekas selanjutnya adalah mengecek nomor mesin dan rangka pada motor. Pencocokan juga harus dilakukan dengan surat-suratnya ya guys. Nomor yang tertera pada rangka dan mesin harus sama dengan yang tertulis pada surat kendaraan. 

Bagian ini seringkali terlewatkan tetapi bisa berakibat sangat fatal. Apabila nomor tidak cocok pada surat sebaiknya jangan dibeli. Karena mungkin saja kendaraan tersebut hasil curian. Selain itu kamu akan mendapat masalah ketika hendak mengurus surat kendaraan nantinya. 

4. Mengecek Keadaan Bodi Motor

Apabila surat dan nomor sudah sesuai maka kamu bisa melanjutkan pengecekan pada kondisi fisik motor, guys. Untuk pengecekan ini tentu lebih mudah karena sangat terlihat dengan jelas. 

Kondisi yang bagus tentu saja bebas goresan, peyok, atau retak yang menjadi tanda kendaraan pernah jatuh atau bertabrakan. Cobalah menanyakan apakah semua suku cadang yang digunakan masih asli dan tidak ada perubahan. 

Lebih baik untuk mengajak kerabat yang paham betul dengan motor sehingga mereka bisa mengenali kejujuran dari jawaban penjual dari kondisi motor. Jadi kamu akan terhindar dari penipuan. 

5. Jangan Terburu-buru Membayar

Hindari juga untuk langsung memberikan uang muka dengan iklan penjualan yang  kamu lihat tanpa mengecek motor terlebih dahulu. Jangan hanya karena motor yang kamu idam-idamkan dijual dengan harga murah atau bisa dibayar dengan dicicil kamu langsung membelinya. 

Alasan apapun yang ditawarkan oleh penjual seperti agar motor tidak dibeli orang lain sebaiknya jangan terlalu dihiraukan. Apalagi jika kamu membeli secara online dan diharuskan transfer untuk uang muka.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait