menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

5 Tips Bisnis Online Laris Manis di Bulan Ramadan

Anisa Kurniasih,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Bisnis Online Laris Manis di Bulan Ramadan
Image: Ilustrasi belanja online. (Freepik/Snowing)

Jakarta - Memasuki bulan Ramadan kedua kalinya di masa pandemi COVID-19, belanja online masih menjadi andalan bagi sebagian orang untuk tetap menghindari kerumunan.

Nah, bagi penjual, berbisnis lewat kanal digital juga dinilai lebih tangguh untuk mempertahankan roda perekonomian dan lapangan pekerjaan apalagi di bulan Ramadan.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan, selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemi. 

“Inilah yang dilakukan Tokopedia bersama lebih dari 10 juta penjual tergabung yang hampir 100%nya UMKM,” ujarnya dalam keterangan resmi baru-baru ini.

Nah, buat kalian yang ingin bisnis online-nya laris manis di bulan penuh berkah ini, Ada 5 tips nih yang dibagikan Tokopedia, di antaranya:

1. Cari Tahu Produk yang Sedang Laris

1614494206-online-shopping-Pixabay.JPGSumber: Ilustrasi belanja online. Sumber: Pixabay/Preis_King).

Penjual online khususnya di Tokopedia bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar. Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk.

2. Upgrade dan Percantik Toko

1595575762-belanja-online.jfifSumber: Ilustrasi belanja online. (Pixabay)

Semakin upgrade toko, semakin banyak juga fitur eksklusif yang bisa dipakai penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli. Salah satunya, fitur Dekorasi Toko. Fitur ini bisa mempercantik tampilan toko agar menarik lebih banyak pembeli.

3. Aktifkan Promo Bebas Ongkir Favorit Pembeli

1614674233-tokopedia.jpegSumber: Ilustrasi Tokopedia (Tokopedia)

Penjual juga dapat mengaktifkan Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di luar pulau, khususnya selama bulan Ramadan. Apalagi, kebutuhan sehari-hari masyarakat cenderung meningkat.

4. Upload Produk Parsel Ramadan

1618297533-Aplikasi-Tokopedia-Seller-di-bulan-Ramadan-2021.jpgSumber: Ilustrasi Tokopedia (Tokopedia)

Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan dengan cara meng-upload produk parsel dengan rumus penamaan produk: Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan.

“Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada Ramadan 2020 tercatat melonjak hampir 4x lipat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Ekhel.

5. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

1617771298-whatsapp-pixabay-lobostudiohamburg.JPGSumber: Ilustrasi Whatsapp (Pixabay-lobostudiohamburg)

Untuk lebih mendorong penjualan, khususnya selama Ramadan, penjual bisa membuat promo sendiri sesuai dengan budget yang ada melalui fitur Voucher Toko. Bentuk voucher bisa berupa cashback atau gratis ongkir. Setelah jadi, bagikanlah voucher tersebut lewat media sosial.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait