Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Tips Hadapi Pasangan yang Narsistik

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Hadapi Pasangan yang Narsistik
Image: Ilustrasi pasangan. (Pinterest/We Heart It)

Jakarta - Urbanreaders, kalian pernah punya pacar yang gemar banget selfie? Atau yang sangat suka posting di media sosial dan memamerkan kelebihannya? 

Wah, jika kalian menganggap hal itu biasa ternyata salah loh. Karena perilaku narsistik itu bisa berujung pada hal yang berbahaya. 

Perilaku narsistik tersebut bisa mengarah pada gangguan Narcissistic Personality Disorder (NPD), dan orang yang memiliki gangguan ini bisa mengganggu pasangannya.

Mengutip laman Healthline, Kamis (19/8/2021), orang yang mengidap narsistik atau NPD memiliki ciri-ciri antara lain, perasaan diri yang meningkat dan membutuhkan pujian terus-menerus, mengambil keuntungan dari orang lain, dan tidak peduli tentang kebutuhan orang lain hingga membuat segalanya lebih rumit.

Nah, berikut beberapa cara praktis untuk menghadapi seseorang yang memiliki NPD atau kecenderungan narsistik, ditambah beberapa tips untuk mengenali kapan saatnya untuk move on. 

1. Lihat Mereka Apa Adanya 

1622959673-pacar-nggak-dewasa---freepik-lookstudio.jpgSumber: Pacar nggak dewasa. (Freepik/lookstudio)

Pasangan yang narsistik cenderung mempesona. Tak sadar kamu akan tertarik pada ide-ide besar dan janji-janji mereka. 

Kepribadian ini juga dapat membuat mereka sangat populer di lingkungan kerja. Tapi sebelum kamu tertarik, perhatikan bagaimana mereka memperlakukan orang ketika mereka tidak 'di atas panggung'. 

Jika kamu melihat mereka berbohong, memanipulasi, atau secara terang-terangan tidak menghormati orang lain, maka tidak ada alasan untuk percaya bahwa mereka tidak akan melakukan hal yang sama kepada kamu. 

Langkah pertama ketika berurusan dengan seseorang yang memiliki kepribadian narsistik adalah dengan menerima bahwa inilah dirinya dan tidak banyak yang dapat kamu lakukan untuk mengubahnya. 

2. Jaga Jarak  

1624070606-pacar-cuek---freepik-vgstockstudio.jpgSumber: Ilustrasi Pacaran. (freepik/vgstockstudio)

Tidak peduli seberapa banyak kamu menyesuaikan hidup agar sesuai dengan kebutuhan mereka, itu tidak akan pernah cukup. Jika kamu harus berurusan dengan kepribadian narsistik, jangan biarkan mereka menyusup ke dalam dirimu atau mendefinisikan duniamu. Ingat bahwa kamu juga penting, bukan hanya pasanganmu.

Secara teratur ingatkan diri kamu tentang kekuatan, keinginan, dan tujuanmu selama ini. Ambil alih dan coba katakan bahwa kamu juga punya waktu ruang.

3. Bicarakan tentang Dirimu

1625536150-pacaran-serius-jadi-berantakan---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Ilustrasi Pacaran. (Freepik/Cookie_studio)

Ada kalanya kamu mengabaikan sesuatu yang ia buat atau pergi begitu saja merupakan respons yang sangat tepat. 

Ketika pasanganmu mulai marah dan membuat ulah lagi, cobalah untuk bicara lebih spesifik terkait diri kamu sendiri agar dia bisa memahamimu, sehingga pasanganmu tidak akan mendominasi lagi.

4. Bicarakan Kalau Dia Juga Salah

1624096469-putusin-pacar---freepik-beststudio.jpgSumber: Ilustrasi pacar (Freepik/Freepik)

Seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik tidak mungkin mengakui kesalahan atau bertanggung jawab karena telah menyakiti kamu. 

Sebaliknya, mereka cenderung memproyeksikan perilaku negatif mereka sendiri kepadamu atau orang lain.

Kamu mungkin akan terus menjaga perdamaian dengan menerima kesalahan, tetapi kamu tidak perlu meremehkan diri sendiri untuk menyelamatkan ego mereka. Kamu tahu yang sebenarnya. Cobalah bicara pelan-pelan bahwa dia juga salah.

5. Bangun Harga Dirimu

1622959642-pacar-nggak-dewasa---freepik-makistock.jpgSumber: Pacar nggak dewasa. (Freepik/makistock)

Di awal hubungan pasanganmu kemungkinan sangat menyanjung dan terlihat menawan. Akan tetapi seiring waktu berjalan, warna aslinya kemungkinan besar mulai terlihat.

Nah, di sini kamu bisa mencoba untuk membangun harga dirimu sendiri dan jangan mau memperbolehkan masuk ke kehidupan pribadimu yang lebih dalam.

Guys, itulah lima tips untuk menghadapi pasangan yang memiliki kepribadian narsistik. Jangan sampai salah ambil langkah ya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait