beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Tips Hindari Bibir Kering dan Pecah-pecah

Itha Prabandhani,
12 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Hindari Bibir Kering dan Pecah-pecah
Image: Ilustrasi bibir kering. (Freepik/dimaberlin)

Jakarta - Selain bikin kamu nggak nyaman, bibir yang kering dan pecah-pecah juga dapat mengganggu penampilan. Bibir adalah salah satu bagian dari tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak sendiri, sehingga kelembapannya harus dijaga.

Bibir yang kering dan pecah-pecah dapat terjadi karena beberapa hal, guys. Misalnya, terlalu lama berada di dalam udara yang dingin, penggunaan produk seperti lipstik, dehidrasi, serta kurang asupan vitamin, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Buat kamu yang bermasalah dengan bibir kering dan pecah-pecah, yuk simak sederet tips dari Urbanasia berikut ini!

1. Gunakan Pelembap Bibir Secara Rutin

1621651623-bibir-kering2--freepik-dimaberlin.jpgSumber: Ilustrasi bibir kering. (Freepik/dimaberlin)

Untuk menyehatkan kembali bibir yang kering dan pecah-pecah, kamu bisa gunakan produk pelembap bibir seperti lip balm atau petroleum jelly. Oleskan produk secara rutin, terutama jika kamu merasa bibir kamu sudah mulai kering.

Pilih produk yang mudah meresap, mengandung SPF untuk melindungi bibirmu dari paparan sinar ultraviolet, serta mengandung bahan-bahan pelembap alami seperti cocoa butter, sunflower oil, hyaluronic acid, dan juga glycerin.

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti madu, lidah buaya, atau minyak kelapa, untuk melembapkan bibir sekaligus menutrisinya.

2. Jangan Keseringan Pakai Lipstik Matte

1621651636-bibir-kering--freepik-pressfoto.jpgSumber: Ilustrasi bibir kering. (Freepik/pressfoto)

Produk lipstik dengan finish look matte memang biasanya tahan lama dan bikin riasan lebih awet. Namun, jenis lipstik yang satu ini juga punya efek samping buat kesehatan bibir kamu, guys.

Bibir kamu jadi lebih mudah kering dan pecah-pecah jika kamu terlalu sering atau terlalu lama menggunakannya. Untuk mengatasinya, batasi penggunaan lipstik matte dan gunakan pelembap setelah kamu membersihkannya.

3. Lakukan Eksfoliasi Bibir

1621651630-bibir-kering--freepik.jpgSumber: Ilustrasi bibir kering. (Freepik)

Eksfoliasi bibir menggunakan lip scrub dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di bibir kamu. Dengan begitu, bibir kamu akan lebih halus, lembut, dan tampak sehat. Lakukan proses eksfoliasi seminggu sekali dan gunakan bahan alami yang melembapkan seperti madu.

4. Jaga Asupan Air dalam Tubuh

1617554934-cegukan---freepik-pressfoto.jpgSumber: Minum air putih (Freepik/pressfoto)

Untuk membantu melembapkan bibir dari dalam, pastikan bahwa kamu minum air putih dengan cukup, guys. Jumlah air putih yang mesti kamu konsumsi setiap hari adalah sekitar 1,5 – 2 liter, tergantung berat badan dan banyaknya aktivitas harianmu. Selain itu, perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau.

5. Batasi Waktu di Dalam Ruangan ber-AC

1621651642-bibir-kering--freepik-eakrin.jpgSumber: Ilustrasi AC bikin bibir kering. (Freepik/eakrin)

Kalau kamu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC seperti di kamar atau di dalam kantor, sebaiknya kamu batasi durasinya, guys.

Berilah jeda pada tubuhmu agar tidak terus-terusan terpapar udara AC yang kering. Selain itu, gunakan pelembap secara berkala saat kamu sedang berada di dalam ruangan ber-AC.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait