menu
user
URstyle

5 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berminyak

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berminyak
Image: Ilustrasi wajah berminyak. (Freepik/Katemangostar)

Jakarta - Bagi wanita, makeup sudah menjadi sebuah kebutuhan, karena dapat membantu memperbaiki kondisi wajah agar terlihat lebih baik.

Tapi, jika kamu mempunyai tipe kulit berminyak pastinya akan menjadi lebih sulit dan membutuhkan trik khusus untuk mengatasinya. Wajah berminyak seringkali menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Itu sebabnya makeup untuk kulit berminyak harus diaplikasikan dengan benar supaya makeup lebih tahan lama.

Berikut beberapa tips makeup untuk kulit berminyak yang telah Urbanasia lansir dari berbagai sumber!

Membersihkan Wajah

1614341523-mencuci-wajah-freepik-by-wayhoestudio.jpgIlustrasi membersihkan wajah. (Freepik/Wayhoestudio)

Sebelum kamu memakai kosmetik apapun, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah dengan pembersih dan air yang tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas karena dapat berpotensi merusak kulitmu.

Lakukan hal ini sebelum dan sesudah kamu mengenakan makeup, karena jika kamu melewatkannya sisa makeup dan kotoran akan menempel dan memicu masalah pada wajah. 

Gunakan Pelembap

1614341660-gunakan-pelembab-freepik-by-pressfoto.jpgIlustrasi penggunaan pelembab wajah. (Freepik/Wayhoestudio)

Penggunaan pelembap dapat membantu makeup yang kamu gunakan menjadi tahan lama dan terlihat lebih natural.

Walaupun tipe kulitmu berminyak, kamu tetap perlu menggunakan pelembap. Tapi, sebelum kamu  memakai pelembap pastikan pelembap yang kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Khusus untuk kulitmu yang berminyak pakailah pelembap yang mempunyai  efek mattifying. Pastikan kamu menggunakannya pada seluruh area wajah serta leher dan diamkan sekitar 3 menit sebelum menggunakan bedak.

Aplikasikan Primer

gunakan-primer-freepik-by-lookstudio.jpgIlustrasi penggunaan primer. (Freepik/Lookstudio)

Kulit berminyak membuat makeup tidak bisa bertahan lama. Maka dari itu penting untuk kamu menggunakan primer sebelum kamu menggunakan tahapan makeup yang lainnya.

Primer berfungsi untuk membuat makeup menjadi lebih tahan lama, aplikasikan primer fokus pada area T-zone yang biasanya memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan dengan bagian wajah lainnya.

Pakai Foundation dengan Formula Ringan

penggunaan-foundation-face-woman-186202-7586.jpg-faundation-freepik-by-valuavitaly.jpgIlustrasi penggunaan foundation. (Freepik/Valuavitaly)

Untuk menutupi wajah yang berminyak dan berjerawat biasanya kamu akan menggunakan foundation yang full coverage. Tapi, hal ini justru hanya akan membuat pori-pori wajahmu tersumbat dan wajah akan memproduksi minyak berlebih.

Maka dari itu, untuk kamu yang mempunyai masalah kulit berminyak disarankan untuk menggunakan foundation dengan formula ringan.

Bedak Tabur

penggunaan-bedak-freepik-by-valuavitaly.jpgIlustrasi penggunaan bedak tabur. (Freepik/Valuavitaly)

Bedak tabur menjadi produk cukup ampuh untuk diaplikasikan pada jenis kulit berminyak karena ia dapat mengontrol produksi minyak.

Kamu bisa menggunakan dua jenis bedak tabur untuk kulit berminyak. Pertama bedak tabur transparan yang bisa kamu gunakan sebelum pemakaian foundation supaya makeup lebih menempel. Kedua, kamu bisa menggunakan bedak tabur sesuai dengan warna kulitmu yang bisa kamu gunakan setelah pemakaian foundation. 

Itulah lima tips makeup yang bisa kamu aplikasikan untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait