menu
user
URstyle

5 Tips Melancong Hemat Biar Gaji Bulanan Tetap Selamat

Anisa Kurniasih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Melancong Hemat Biar Gaji Bulanan Tetap Selamat
Image: Ilustrasi traveling di tengah pandemi (Freepik/Freepik)

Jakarta - Setelah berbulan-bulan pandemi COVID-19, rasa ingin bepergian untuk merefresh pikiran pasti menggebu-gebu. Kalian pun pasti sudah rindu dengan sejumlah destinasi yang mungkin sempat tutup di awal masa pandemi.

Ketika sudah berniat untuk traveling, mengontrol isi dompet dan pengeluaran harus tetap jadi fokus utama guys, jangan sampai dompet kamu jebol cuma hanya untuk jalan-jalan saja.

Nah, yang jadi pertanyaan, gimana caranya bisa rutin melancong tapi isi dompet tetap aman? Mengutip rilis resmi AirAsia, berikut 5 cara unik untuk melancong tapi gaji bulanan tetap bisa dihemat. Di antaranya:

1. Cari Penghasilan Tambahan

1610874669-reseller-usaha-online.pngSumber: Ilustrasi menjadi reseller usaha online. (Algopix)

Mindset kebanyakan orang kalau ngomongin penghasilan seringkali hanya terfokus pada gaji yang masuk setiap bulan saja. Padahal, penghasilan bisa nggak cuma dari gaji aja loh, guys.

Kamu bisa jualan online di banyak marketplace, atau ngerjain hobi yang menghasilkan atau melakukan apapun yang bisa menghasilkan. 

Buat nambah penghasilan yang syukur-syukur bisa dipakai buat biaya akomodasi, ya nggak? Jadi gaji bulanan bisa tetap aman buat kebutuhan sehari-hari. 

2. Pandai Memilih Tanggal

1597739331-ilustrasi-kalender-2020-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi kalender 2020. (Pixabay)

Semua hari adalah baik. Tapi peak season atau holiday season adalah masa ketika harga tempat wisata bakal tinggi-tingginya. Periode tersebut biasanya juga dibarengi libur anak sekolah. 

Nah, paling pas kalau mau pergi itu saat low season. Tinggal diatur aja, tuh, jadwal cuti dari kantor, sekaligus nabung ya!

3. Nebeng Teman

1612781025-Ilustrasi-traveling.jpgSumber: Ilustrasi traveling (jcomp/Freepik)

Tips yang satu ini bisa banget jadi alternatif untuk menekan akomodasi. Saat persiapan, cobalah kontak teman atau kerabat di kota yang pengen kamu kunjungi. 

Siapa tahu, tempatnya strategis dengan tempat-tempat wisata di sana. Hitung-hitung menjalin silaturahmi, kalau sudah terjalin kan tinggal dipererat. Jangan lupa bawa oleh-oleh buat teman kamu ya!

4. Bandingkan Harga

1612083486-solo-traveling-pixabay.jpegSumber: Solo traveling. (Ilustrasi/Pixabay)

Layaknya membeli barang, ada baiknya kamu membandingkan harga dari banyak travel agent sebelum memutuskan bepergian, guys. 

Hal ini dapat membandingkan opsi penawaran dari agen perjalanan, platform perjalanan online, maupun situs langsung maskapai dan hotel. Kalau bisa nyaman dengan harga hemat, kenapa harus keluar biaya banyak, ya nggak?

5. Incar Promo Maskapai

1610001310-Airasia-1.jpegSumber: Ilustrasi maskapai AirAsia ((@airasiaid/Instagram)

Nah, kalau kamu ingin bepergian dengan menggunakan pesawat tapi tetap hemat, carilah promo penerbangan yang akan menyelamatkan isi dompet agar nggak boncos. 

Salah satu rekomendasinya adalah promo ‘Gajian Big Sale’. Kamu bisa lebih hemat pesat tiket AirAsia di airasia.com dan Aplikasi airasia.

Promo tersebut menawarkan penerbangan ke Surabaya, Bali, Lombok, Padang, Yogyakarta, Medan dan banyak menarik lainnya dengan maskapai AirAsia mulai dari harga Rp 314 Ribu.

Periode pemesanan yang ditawarkan dari promo ini adalah dari tanggal 24-28 Februari 2021 dan periode penerbangan dari 24 Februari hingga 30 Juni 2021.

Nah, untuk yang di luar Jabodetabek, ada rute terbang langsung dari Medan ke Jakarta & Yogyakarta mulai dari Rp 694 ribu, Surabaya ke Bali, Lombok & Jakarta mulai dari Rp 315 ribu dan Palembang ke Jakarta Mulai dari Rp 372 ribu.

Selain itu ada juga rute Pekanbaru ke Jakarta mulai dari Rp 546 ribu, Bali ke Surabaya, Jakarta & Bandung mulai dari Rp 314 ribu, Lombok ke Jakarta & Surabaya mulai dari Rp 337 ribu, Belitung ke Jakarta mulai dari Rp 311 ribu, Bandung ke Bali mulai dari Rp 545 ribu serta Sorong ke Jakarta mulai dari 1,3 Juta.

Gimana guys, tertarik?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait