Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Tips Membeli Rumah Pertama untuk Milenial

Gagas Yoga Pratomo,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Membeli Rumah Pertama untuk Milenial
Image: Ilustrasi rumah (Pixabay/Pexels)

Jakarta - Membeli sebuah rumah merupakan sebuah keputusan yang besar dan membutuhkan banyak pertimbangan. Harga rumah yang terbilang cukup mahal membuat kita harus mempersiapkan semuanya dengan matang.

Bagi para milenial yang sudah berusia 20-an, mungkin sudah saatnya mulai mempersiapkan diri agar bisa membeli sebuah rumah. 

Berikut 5 tips membeli rumah pertama untuk milenial yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak.

1. Perhatikan lokasi dan lingkungan rumah

Sebagai tempat tinggal, tentunya kamu menginginkan lingkungan rumah yang aman, nyaman, dan tentram. Oleh sebab itu, carilah rumah yang lingkungannya sesuai dengan kenyamanan dirimu. 

Selain itu, carilah rumah yang memiliki lokasi strategis, seperti dekat dengan institusi pendidikan, rumah sakit, atau yang dekat dengan tempat kamu bekerja.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan apakah rumah tersebut bebas bencana seperti banjir atau longsor. 

2. Lakukan riset harga rumah di berbagai daerah

Melakukan riset harga bisa menjadi gambaran berapa jumlah dana yang harus dipersiapkan sebelum membeli rumah di suatu daerah.

Misalnya, kamu ingin membeli rumah di Jakarta pada tahun 2025, dan saat ini masih tahun 2021, maka kamu bisa menjadikan harga rumah pada tahun 2021 sebagai harga rumah termurah. Sebab, bisa dipastikan pada tahun 2025 harga rumah akan mengalami kenaikan. 

3. Pilih developer terpercaya

Tips yang nggak kalah penting adalah memilih developer rumah terpercaya. Tentunya kamu tidak mau mengeluarkan uang yang besar tetapi mendapat rumah dengan kondisi buruk. 

Maka dari itu, coba cari tahu berbagai developer rumah kemudian bandingkan dan pilih yang terbaik.

4. Pilih tenor KPR yang sesuai dengan kondisi finansial

Harga rumah yang tinggi membuat kita mau tidak mau untuk membeli rumah dengan cara mencicil. Tenor pembayaran yang disediakan oleh KPR berbeda-beda. 

Dalam hal itu, pilihlah cicil tenor yang paling sesuai dengan kondisi finansial mu. Jika kamu mampu mengambil tenor yang cepat, maka pilihlah itu. Namun jika tidak sanggup, maka pilih lah waktu tenor yang lebih lama

5. Manfaatkan fasilitas subsidi dari pemerintah

Saat ini sudah banyak rumah yang telah disubsidi oleh pemerintah. Hal itu sangat dimanfaatkan dalam membeli sebuah rumah. 

Biasanya, rumah yang telah disubsidi oleh pemerintah memiliki harga yang lebih murah. Ini bisa menjadi pilihan untuk para milenial yang baru memiliki penghasilan tetap dan ingin memiliki rumah. 

Nah, itu dia lima pertimbangan yang harus kamu pikirkan guys, jangan sampai salah mengambil keputusan ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait