beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Tips Merawat Baju Linen Agar Tetap Awet

Priscilla Waworuntu,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Merawat Baju Linen Agar Tetap Awet
Image: Contoh baju berbahan linen (Foto: Pinterest/ MagicLinen)

Jakarta - Linen adalah kain yang cukup nyaman untuk digunakan menjadi pakaian sehari-hari. Walau nyaman digunakan, sebenarnya dalam mengurus bahan linen kamu akan memiliki tantangan tersendiri. Biasanya tantangan ini ada ketika kamu harus mencuci baju berbahan linenmu. Nah kalau kamu salah-salah mencuci atau mengucek bajumu, bisa-bisa bajumu akan rusak dan kusam. 

Nah maka dari itu, kali ini Urban Asia bakal kasih kamu beberapa tips untuk merawat baju linenmu agar tetap awet dan tidak cepat rusak: 

1. Cuci dengan Air Dingin

Kalau kamu bertanya-tanya, kenapa harus mencuci pakaian linen dengan air dingin. Nah sebenarnya dengan menggunakan air dingin, hal ini bisa menghindari bahan serat dari linen rusak. Selain itu, baju kamu juga terhindar dari penyusutan ataupun kerutan. 

1661319229-Cover-Baju-Linen.jpgSumber: Baju linen cukup nyaman digunakan, namun perawatannya nggak semudah bahan katun (Foto: Pinterest)

2. Jangan Gunakan Pemutih

Kalau kamu memiliki baju linen berwarna putih, jangan sekali-kali mencucinya dengan pemutih. Hal ini bisa bikin baju jadi kusam dan kaku karena pemutih mengandung zat kimia yang merusak serat kain linen. Nah supaya tetap bagus, cuci baju dengan menggosoknya secara perlahan dan pilih bahan pemutih alami. 

3. Hindari Mesin Pengering 

Nah selanjutnya untuk menjaga kualitas baju berbahan linen, kamu bisa juga nih menggunakan pengering alami. Simpelnya sih, menjemur pakaian basah di bawah sinar matahari, Guys. Hindari menggunakan mesin pengering setelah proses mencuci.  Jika kamu memaksakan setiap mencuci harus pakai mesin pengering, bisa-bisa bajumu nanti nggak sebagus seperti pertama kali kamu beli loh. 

4. Lapisi Kain Ketika Disetrika 

Tips selanjutnya adalah ketika ingin menyetrika bajumu, kamu bisa nih melapisinya dengan kain tipis. Intinya jangan langsung menyetrika baju berbahan linenmu dengan setrika. Hal ini karena jika baju berbahan linen langsung terkena suhu panas, warna bajumu nantinya akan menjadi lebih cepat pudar. 

5. Lebih Rapi Digantung

Nah terakhir, jika kamu ingin baju linenmu bisa tahan lama, kamu bisa menggantung bajumu dan tidak melipatnya. Nah kenapa begitu, karena dengan digantung tentunya pakaianmu tidak akan kusut dan pasti rapih. Tentunya juga akan menghindarimu dari harus menyetrikanya 2 kali. 

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu praktekkan ketika kamu memiliki baju linen nih, Urbanreaders. Selamat Mencoba!  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait