beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Alternatif Detergen, 5 Bahan Dapur Ini Bisa Dipakai Mencuci Pakaian

Alfian Muntahanatul Ulya,
7 Juli 2022 17.00.33 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Alternatif Detergen, 5 Bahan Dapur Ini Bisa Dipakai Mencuci Pakaian
Image: Pexels

Jakarta - Terkadang kesibukan bekerja membuat kita lupa mengecek ketersediaan bahan yang diperlukan di rumah. Salah satunya kamu kehabisan detergen saat hendak mencuci.

Menyebalkan memang, terlebih jika kamu belum memiliki waktu luang untuk keluar membeli stok baru. Tapi jangan khawatir, dalam keadaan darurat seperti itu kamu bisa menggunakan alternatif bahan lain sebagai pengganti detergen.

Yuk, langsung saja simak beberapa bahan alternatif pengganti detergen yang bisa kamu gunakan.

1. Soda kue

Bahan yang mudah ditemui ini ternyata bisa digunakan sebagai alternatif detergen.  Menurut Essential Home and Garden, baking soda secara efektif bisa untuk menghilangkan asam, minyak, dan bau dari semua jenis kain yang berbeda.

Di sisi lain, yang tidak kalah penting adalah bahan ini juga aman untuk mesin cuci. Saat mencuci menggunakan soda kue, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk memberikan aroma.

2. Jus lemon

Siapa sangka jika minuman favoritmu bisa dijadikan sebagai pengganti detergen untuk mencuci pakaian? Yang perlu kamu lakukan adalah cairkan 1/3 cangkir jus lemon dengan tiga gelas air, kemudian tuangkan ke dalam mesin cuci saat menyala.

Jus Lemon berfungsi menghilangkan noda. Namun perlu diingat, jangan menggunakan jus lemon buatan karena biasanya mengandung pewarna makanan. Zat ini justru akan meninggalkan banyak noda pada pakaian.

3. Cuka

Cuka berfungsi mengangkat noda dan bau yang menempel pada pakaian kotor. Jangan khawatir, bahan dapur ini tidak meninggalkan bekas pada pakaian ketika dibilas.

Tak hanya itu, cuka juga bisa sangat membantu membuat bajumu menjadi rapi. Bahan ini tidak akan menimbulkan busa sehingga aman untuk digunakan di mesin cuci.

4. Sabun cuci piring

Kamu perlu mengeluarkan tenaga ekstra jika ingin menggunakan bahan satu ini karena akan berisiko jika kamu menggunakannya pada mesin cuci.

Hal ini disebabkan oleh busa yang ditimbulkan begitu banyak sehingga disarankan untuk mencuci menggunakan tangan saja.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait