beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Tips Merawat Ekstension Bulu Mata Biar Nggak Cepat Rontok

Kintan Lestari,
7 April 2022 17.09.22 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Merawat Ekstension Bulu Mata Biar Nggak Cepat Rontok
Image: Ilustrasi ekstension bulu mata. (Freepik/kukuruzaphoto)

Jakarta - Ekstension bulu mata (eyelash extensions) bisa mengubah rutinitas kecantikanmu. Kalau sebelumnya kamu perlu waktu ekstra untuk menjepit bulu mata dan pakai maskara, dengan ekstension bulu mata kamu bisa skip langkah tersebut dan ready to go.

Eyelash extensions bisa bertahan selama 4-6 minggu. Tapi bisa saja bulu matamu itu mengalami kerontokan lebih cepat. Penyebabnya karena kamu tidak merawatnya dengan benar.

Nah, kamu nggak mau kan sudah menghabiskan banyak uang namun nggak sampai sebulan bulu mata sambung kamu sudah rontok? Biar bulu mata sambung kamu bertahan dalam waktu normalnya, simak 5 tips merawat ekstension bulu mata di bawah ini!

1. Hindari Kena Air

1594799458-bersihkan-muka.jpgSumber: Ilustrasi cuci muka. (freepik)

Kalau misalnya kamu baru banget melakukan ekstension, selama 48 jam usahakan area mata kamu jangan basah. Itu akan menyebabkan gangguan pada lemnya, yang kemudian menyebabkan bulu jadi mudah rontok.

2. Cuci Setelahnya

1616723191-bulu-mata-palsu---studiomay.jpgSumber: ilustrasi makeup bulu mata palsu (Freepik/studiomay)

Lantaran 48 jam tidak terkena air, residu akan mulai menumpuk di sekitar garis bulu mata. Ini kemudian dapat menyebabkan infeksi mata dan masalah mata lainnya. Maka dari itu, setelah 48 jam, cuci ekstension bulu mata kamu.

Bagaimana cara mencuci ekstension bulu mata? Kamu perlu menyikat mereka dengan sikat bulu lembut. Lalu cuci dengan pembersih khusus ekstension bulu mata. Setelahnya bilas wajah dan area mata dengan air mengalir. Bersihkan ekstension kamu secara berkala, sekitar 3 hari sekali.

3. Hindari Produk Waterproof

1641543770-maskara.jpgSumber: Ilustrasi pakai maskara. (Freepik/master1305)

Ketika kamu melakukan ekstension bulu mata, maka kamu harus siap meninggalkan maskara dan eyeliner yang waterproof. Bahkan meski produknya mengklaim aman untuk bulu mata sambung, sebaiknya tetap hindari produk makeup waterproof. Pasalnya produk waterproof dapat melembutkan lem esktensionnya. 

Kalau nekat menggunakan produk waterproof, biasanya dibutuhkan pembersih berbahan dasar minyak untuk menghilangkan sisa produk. Produk oil-based merupakan musuh besar dalam proses ekstension karena bikin eyelash extensions-nya cepat rusak.

4. Tidur Pakai Sarung Bantal Sutra

1643901520-image-jcomp-freepik.jpgSumber: Ilustrasi tidur pakai sarung bantal sutra. (Jcomp/Freepik)

Kalian tahu kan sarung bantal juga bisa jadi penyebab masalah kulit. Maka dari itu disarankan menggunakan sarung bantal bahan sutra. Hal itu juga terjadi pada ekstension bulu mata. Supaya umurnya panjang, baiknya kamu tidur dengan sarung bantal berbahan sutra untuk mencegah bulu mata kering dan banyak gesekan.

5. Jangan Sering Sentuh Mata

1649239645-sentuh-mata.jpgSumber: Ilustrasi menyentuh mata. (Freepik)

Satu hal yang bikin bulu mata sambung kamu cepat rusak adalah kebiasaan sering menyentuh mata. Maka dari itu, jangan sering menyentuhnya, apalagi sampai menggosok dengan keras. Memang kebiasaan ini sangat sulit dihentikan. Tapi kalau kamu nggak ingin ekstension bulu mata kamu rontok lebih cepat, mau nggak mau kebiasaan ini harus dihentikan.

Yap, itu dia 5 tips merawat ekstension bulu mata supaya berumur panjang, Guys. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait