Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Tips Merawat Bulu Mata Agar Sehat dan Tidak Mudah Rontok

Deandra Salsabila,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Merawat Bulu Mata Agar Sehat dan Tidak Mudah Rontok
Image: Ilustrasi mata (Unsplash/Marina Vitale)

Jakarta - Mata merupakan salah satu anggota tubuh yang perlu dijaga agar tetap sehat.

Nah, menjadikan mata lebih cantik sebenarnya tidak harus selalu memakai lensa kontak aneka warna maupun bulu mata palsu yang tebal loh. Kamu dapat menjadikan mata lebih menawan dengan cukup merawat kesehatan bulu mata.

Kamu juga tidak perlu berusaha keras untuk mendapatkan bulu mata impian. Melansir 100percentpure, Rabu (1/9/2021), berikut tips merawat bulu mata agar sehat dan tidak mudah rontok:

1. Hapus Riasan Mata

1630473743-riasa-mata.pngSumber: Ilustrasi riasan mata (Unsplash/Sharon McCutcheon)

Demi kulit dan bulu mata, hapus riasan mata setiap malam. Sama seperti mencuci helai rambut kita, bulu mata juga harus bersih agar bisa bernapas.

Kamu juga dapat menggunakan pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan riasan, kotoran, dan kotoran yang paling membandel sekali pun.

2. Bersihkan dengan Hati-hati

1630473768-mata-1.pngSumber: Ilustrasi mata (Unsplash/Linh Ha)

Saat menghapus riasan mata yang membandel, kamu mungkin cenderung untuk menghapusnya dengan keras. Kamu perlu menahan diri dari menggosok keras atau gerakan maju mundur.

Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan, belum lagi kerusakan akibat gaya ini pada kolagen dan elastin di sekitar mata.

Maka, kurangi risiko iritasi mata, garis-garis halus dan kerutan, serta kerusakan bulu mata dengan menggunakan gerakan menyapu yang lembut.

3. Melembabkan Bulu Mata Secara Teratur

1630473804-mata-2.pngSumber: Ilustrasi mata (Unsplash/Luca Laconelli)

Kamu perlu melembabkan bulu mata secara teratur dengan memakai produk yang mengandung pelembab atau minyak. Bisa menggunakan bahan alami, seperti minyak zaitun dan lidah buaya.

Pilihan lainnya adalah mengaplikasikan petroleum jelly maupun serum lashes, yakni serum khusus untuk bulu mata.

Kandungan minyak akan membuat bulu mata lembab dan biasanya diperkaya dengan Vitamin E. Sehingga merangsang pertumbuhan bulu mata dan alis supaya tidak botak dan akarnya kuat agar tidak mudah rontok.

4. Teliti Memilih Maskara

1630473850-maskara.pngSumber: Ilustrasi maskara (Unsplash/Annie Spratt)

Pastikan memilih maskara dengan tepat supaya tidak memicu kerusakan pada bulu mata. Misalnya saja mengutamakan maskara yang terbuat dari bahan alami seperti pigmen mineral yang juga membantu menutrisi dan melembabkan bulu mata.

Hindari dulu penggunaan maskara waterproof karena akan membuat bulu mata kering dan mudah rontok.

5. Hindari Serum Bulu Mata Sintetis

1630473882-mata-3.pngSumber: Ilustrasi mata (Unsplash/Amanda Dalbjon)

Banyak serum bulu mata konvensional sering sarat dengan iritasi yang dapat merusak kulit dan bulu mata kamu dari waktu ke waktu.

Mereka dapat memiliki beberapa efek samping yang buruk termasuk pewarnaan kulit, pewarnaan mata, gangguan penglihatan sementara atau jangka panjang. Maka dari itu, kamu perlu memilih serum bulu mata yang tepat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait