menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Tips Puasa Media Sosial di Bulan Ramadan

Nivita Saldyni,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Puasa Media Sosial di Bulan Ramadan
Image: Ilustrasi main media sosial. (Pixabay/YashilG)

Jakarta - Istilah puasa media sosial (medsos) mungkin sudah tak asing di telinga Urbanreaders. Kegiatan ini biasanya dilakukan saat seseorang mulai merasa ada tekanan dari mengakses media sosial. 

Nah, momen Ramadan ini bisa loh kamu manfaatkan untuk mencoba puasa alias berhenti bermain medsos. Seperti yang sempat dicoba oleh Alfira Rizky, salah satu pegawai BUMN di Jakarta yang sempat membagikan pengalamannya berpuasa medsos saat Ramadan tahun lalu kepada Urbanasia.

Buat Urbanreaders yang ingin coba berpuasa medsos di bulan Ramadan ini, berikut tips puasa medsoa ala Fira yang sempat menjalani puasa medsos selama 5 bulan:

1. Nonaktifkan sementara akun medsosmu

Kalau kamu mulai kecanduan medsos, Fira menyarankan untuk mulai mencoba 'puasa' dengan cara menonaktifkan sementara akun medsosmu. Fitur ini bisa kamu gunakan saat ingin rehat sejenak dari medsos.

Saat dinonaktifkan itu, followersmu tidak bisa melihat timeline ataupun menemukan profilmu. Tapi tenang, kamu bisa kok mengaktifkannya kembali saat kamu mulai merasakan manfaat puasa medsos. Tak perlu lama-lama, coba beberapa hari dulu setelah itu secara bertahap baru deh ditambah durasinya.

2. Jangan biarkan akunmu selalu aktif

Tips kedua jangan biarkan akun medsosmu selalu aktif. Kalau tidak, maka notofikasi akan terus muncul dan membuat kamu tergoda untuk mengakses medsos.

"Tapi kalo ternyata gak bisa, masih ‘gatel’, yaudah habis login logout. Kalau gak gitu kan ada orang yang di HP-nya selalu semua (akun medsosnya) online. Terkadang itu buat aku itu ngeganggu banget. Bikin gak fokus kerja," kata Fira kepada Urbanasia.

3. Coba '6 to 6 Challenge'

Cara lainnya yang bisa kamu coba adalah ikut tantangan puasa medsos. Seperti misalnya, Fira mencontohkan yaitu '6 to 6 challenge'.

"Sekarang kan banyak banget tuh challenge. Apalagi bulan Ramadan sekarang ini harusnya kita kan ngisi ibadah kita lebih bermakna dengan aktivitas-aktivitas yang berguna, bermanfaat. Mungkin bisa coba 6 to 6 challenge. Jadi kita mulai puasa medsos jam 6 pagi sampai jam 6 sore, terus pas buka puasa baru tuh update lagi," sarannya.

4. Hapus aplikasi yang mengganggu

Kalau kamu merasa berada dalam tingkat kecanduan media sosial yang cukup tinggi hingga rasanya susah sekali lepas dari medsos, cobalah hapus aplikasi yang paling mengganggu kegiatanmu sehari-hari. Hal ini bisa membantu kamu mengurasi waktu untuk mengecek handphone setiap saat, loh.

Toh, untuk dapat informasi terbaru tidak hanya tersedia di media sosial kan? Kamu pun bisa masih bisa membuka akunmu lewat komputer atau laptop.

5. Coba cari kegiatan atau hobi baru

Jika semua cara diatas belum bisa juga membantu, cobalah untuk mencari kegiatan lain atau mungkin hobi baru yang menyenangkan. Sehingga nantinya kamu bisa mengalihkan waktu bermain medsos untuk kegiatan positif lainnya. Seperti misalnya membaca al Quran di bulan Ramadan ini.

"Tapi kalau udah uninstall tetap gak bisa juga berarti kamu harus cari hobi baru, cari kegiatan baru yang benar-benar menyibukkan kamu, yang bikin gak kepikiran lagi sama medsos gitu. Ini berlaku buat yang penghasilan utama gak dari medsos. Kalo penghasilan utamanya dari medsos ya pinter-pinter aja atur waktu, atur prioritas," tutupnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait