Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Tips Putusin Pacar Tanpa Menyakiti Hatinya

Deandra Salsabila,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Putusin Pacar Tanpa Menyakiti Hatinya
Image: Ilustrasi pasangan yang sedang putus cinta (Unsplash/Damir Spanic)

Jakarta - Memutuskan hubungan dengan seseorang, terutama pacar merupakan hal yang tak mudah untuk dilakukan. Tentunya, kita perlu memikirkan beberapa cara agar orang tersebut tidak merasa tersakiti.

Dilansir melalui Oprahdaily, Rabu (25/8/2021), berikut adalah langkah dan cara untuk memutuskan seseorang tanpa menyakitinya:

1. Tanyakan Pada Diri Sendiri Mengapa Kamu Ingin Mengakhirinya

1629893220-Ilustrasi-orang-menyendiri-(UnsplashPaul-Gilmore).jpgSumber: Ilustrasi orang menyendiri (Unsplash/Paul Gilmore)

“Apakah ada kekurangan perasaan romantis, apakah kamu memiliki kesamaan yang terbatas, apakah kamu tidak merasakannya?" ucap Brittany Bouffard, seorang pekerja sosial klinis dan psikoterapis di Denver, CO.

Untuk hubungan singkat, jawabannya mungkin cukup jelas. Untuk hubungan yang lebih lama, alasannya akan lebih kompleks. 

“Bicarakan ini dengan teman-teman terpercaya, catat alasan dan perasaan kamu, dan pertimbangkan untuk berbicara dengan terapis jika kamu tidak yakin,” sarannya.

2. Cari Waktu yang Tepat dan Tempat yang Nyaman

1600139128-menolak-halus3.jpgSumber: Ilustrasi pacaran (Freepik)

Apa yang akan kamu bicarakan adalah hal yang sangat pribadi. Maka, sebaiknya kamu rencanakan baik-baik, mulai dari menentukan waktu yang tepat sampai mencari tempat yang privat.

Jangan bicarakan hal ini ketika dia sedang bad mood. Kamu sebagai pasangannya pasti dapat menentukan waktu terbaik untuk membicarakan hal ini.

3. Hindari Membicarakannya Lewat Chat atau Telpon

1629893348-Ilustrasi-handphone.jpgSumber: Ilustrasi handphone (Unsplash/Caspar Camille Rubin)

Jika kamu memutuskan hubungan dengan seseorang yang pernah kamu sayang hanya melalui chat atau telpon, itu menandakan kamu tidak menghargai dan menghormatinya.

Selain itu, apa yang kamu lakukan termasuk hal yang sangat tidak dewasa. Beri kesempatan dia untuk bertemu, bertanya, dan melihat ekspresi kamu. Maka, dia pun akan berusaha mengerti dan menerima keputusanmu.

4. Bicara Jujur Tanpa Ada yang Ditutupi

1629893378-Ilustrasi-kata-jujur.jpgSumber: Ilustrasi kata jujur (Unsplash/Avery Evan)

Terkadang, jujur itu menyakitkan. Namun, lebih baik kamu jujur apa pun alasannya, daripada nantinya dia tahu dari orang lain. Mengetahui alasan di balik hubungan kandas kalian dari orang lain, itu lebih menyakitkan.

Katakan saja alasannya, apa yang kamu rasakan selama berpacaran, dan apa yang kamu inginkan dalam hubungan. Katakan maaf dan terima kasih.

5. Katakan Maaf dan Terima Kasih

1629893410-Ilustrasi-terima-kasih.jpgSumber: Ilustrasi terima kasih (Unsplash/Courtney Hedger)

Terakhir, jangan lupa untuk mengucapkan maaf dan terima kasih. Hal ini terkesan sederhana, tetapi harus kamu lakukan sebagai bentuk penghargaan atas hubungan kalian.

Bagaimanapun kalian pernah merasa bahagia bersama-sama. Maka, katakan terima kasih atas rasa tersebut. Jangan lupa ucapkan maaf karena tidak bisa mempertahankan hubungan ini.

 
 

 

 

 

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait