menu
user
URtech

5 Tips Sebelum Membeli HP Bekas

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Sebelum Membeli HP Bekas
Image: Plaza Marina, pusat jual beli ponsel di Surabaya. (Ilustrasi/Bappeko Surabaya)

Jakarta - Urbanreaders ada rencana ganti smartphone atau handphone (HP) lama dengan keluaran terbaru, tapi budget terbatas? Dalam kondisi ini, kamu bisa loh membeli smartphone bekas.

Bahkan bukan hal yang tak mungkin kamu bisa mendapatkan smartphone bekas dengan kondisi yang masih mulus dan harga murah.

Untuk itu, kamu harus tahu triknya dulu nih guys. Nah ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone bekas. Berikut beberapa tips yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Smartphone Kamu Terserang Malware? Begini Cara Mengatasinya

1614162101-smartphone-pixabay-dawnfu.jpgIlustrasi smartphone. (Pixabay/Dawnfu)

1. Riset dulu agar tak menyesal

Sebelum membeli smartphone bekas, tentu kamu sudah punya pilihan dong merek apa dan tipe yang mana yang akan kamu beli. Nah setelah sudah mantab dengan pilihanmu, lakukanlah riset pasar lebih dulu.

Kamu bisa cari tahu dulu sekarang smartphone itu berapa harganya di pasaran. Lalu buka berbagai situs yang menjual smartphone bekas dan bandingkan harga di masing-masing situs tersebut.

Setelah itu, lihat spesifikasinya dan terakhir coba baca review para pembeli. Pilihlah yang menawarkan harga terbaik dengan review yang bagus. Beberapa toko online juga punya toko offline, nah kamu bisa tuh langsung datang ke lokasi untuk lihat-lihat barangnya setelah mantab dengan pilihanmu. 

2. Pastikan beli di toko yang terpercaya

Meski bekas, tentu kamu ingin smartphone yang asli dan kualitasnya masih bagus kan? Nah membelinya di toko terpercaya bakal membantu kamu mendapatkan barang yang sesuai keinginan. Pastikan toko yang kamu pilih punya reputasi yang baik di antara pelanggan.

Misal kamu memutuskan untuk membeli secara online, coba deh baca-baca dulu reviewnya. Kalau komentarnya bagus-bagus, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih toko itu. Nah kalau ingin beli secara offline, biasanya pecinta gadget di setiap daerah punya banyak rekomendasi. Kamu bisa cari tahu rekomendasi itu lewat internet.

3. Periksa kondisi smartphone

Sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi, pastikan kamu sudah memeriksa beberapa.hal dari smartphone itu guys. Beberapa.di antaranya yaitu memeriksa kondisi fisik dan internalnya.

Banyak smartphone bekas yang masih dalam kondisi mulus. Tapi tak jarang juga yang memiliki lecet di beberapa bagian. Nah, kamu harus memeriksanya dengan teliti ya guys. Periksa apakah ada penyok, goresan, atau bagian yang lepas atau goyang. Kalau kerusakan fisiknya fatal, lebih baik sih jangan dilanjut guys.

Tak ketinggalan, coba cek apakah smartphone yang ingin kamu neli ini pernah terendam air? Caranya kamu bisa cek bagian soket pengisian baterai. Kalau melihat ada korosi yang membuatnya berwarna hijau kebiruan, mungkin soket ini pernah terkena cairan.

Untuk mengecek di smartphone yang baterainya bisa dilepas, kamu bisa melepaskan baterainya dan lihat kertas putih kecil di dekat tembaga konektor baterai. Kalau warnanya pink atau merah artinya dia pernah terkena air. Nah kalau baterainya tak bisa dilepas, coba cek bagian SIM Cardnya deh.

Selain itu kamu bisa mencoba soketnya, apakah masih berfungsi dengan baik? Kamu bisa mencoba dengan menggunakan headset atau mengisi dayanya. Lalu, untuk memeriksa smartphone berfungsi baik kamu bisa periksa dengan cara memasukkan SIM Cardmu dan lakukan pengujian singkat. Apakah bersungsi dengan baik? Jika iay, coba gunakan untuk mengirim pesan, menelepon, dan lainnya. Periksa juga kualitas mikrofon dan kameranya juga guys.

Nah untuk yang membeli secara online, coba tanyakan ke penjual untuk bisa bertemu langsung dan mengecek kondisi smartphone lebih dulu. Terakhir, meskipun barang bekas, penjual juga memberikan garansi. Untuk itu, pastikan hal satu ini juga guys!
 
4. Pastikan kelengkapan smartphone sebelum membeli

Sebelum memantabkan pilihan, coba periksa kelengkapan smartphone yang ingin kamu beli dulu. Apakah chargernya masih aman? Apakah headsetnya masih berfungsi dengan baik? Kamu bisa memeriksa seluruh kelengkapannya lebih dulu sebelum melakukan pembayaran. Hal ini bisa menghindari kamu harus membeli aksesoris pendukung gara-gara kurang teliti.

5. Pastikan smartphone yang kamu beli bukan barang curian

Kamu tentu tak ingin harus berurusan dengan hal yang tak diinginkan di kemudian hari setelah memiliki smartphone ini. Untuk itu, setelah memeriksa kondisi dan kelengkapannya kamu juga harus memastikan bahwa smartphone ini bukan barang curian. 

Kalau smartphone yang ditawarkan dijual dengan harga miring, kamu bisa curiga guys. Nggak ada salahnya loh memastikan ini ke penjual. Kamu juga bisa minta nomor IMEI-nya dan memastikan keasliannya. 

Nah setelah semuanya aman, sekarang waktunya kamu memantabkan pilihan dan segera membelinya. Semoga tips kali ini membantu ya, Urbanreaders! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait