beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

5 Tips untuk Lindungi Keamanan dan Privasi WhatsApp

Shinta Galih,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips untuk Lindungi Keamanan dan Privasi WhatsApp
Image: Fitur baru WhatsApp. (Techradar)

Jakarta - WhatsApp aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Pengguna memanfaatkannya untuk berbagi informasi penting dan sensitif.

Karena itu melindungi keamanan dan privasi WhatsApp amat sangat penting. Berikut 5 tips yang bisa dilakukan:

1. Periksa enkripsi end-to-end untuk percakapan sensitif

Semua obrolan WhatsApp dienkripsi end-to-end secara default tetapi jika kamu memiliki percakapan sensitif dengan seseorang maka lebih baik untuk memeriksa ulang enkripsi. Saat membagikan informasi sensitif seperti detail kartu kredit atau detail perbankan, pastikan selalu ada enkripsi.

Untuk memverifikasi dan memeriksa enkripsi, buka jendela obrolan dengan kontak, ketuk nama kontak, lalu ketuk Enkripsi.

Di sini kamu akan melihat Kode QR bersama dengan kode panjang 40 digit yang merupakan kode keamanan. Kamu dapat memverifikasi enkripsi dengan membandingkan angka secara manual atau memindai kode QR kontak dengan menggunakan tombol Pindai Kode. Jika kode QR cocok atau kode 40 digit sama, maka enkripsi end-to-end diaktifkan untuk obrolan kamu.

2. Nyalakan Notifikasi Keamanan

Ketika obrolan diakses di ponsel atau PC, maka kode keamanan baru dibuat untuk kedua perangkat dan jika kamu ingin menerima pemberitahuan setiap kali kode keamanan berubah, dapat mengaktifkannya dari pengaturan. 

Dengan cara ini, kamu dapat bertanya kepada teman ketika kode keamanan berubah pada aplikasi yang berbeda apakah dia mengubah perangkat atau tidak untuk memastikan bahwa dialah yang mengakses obrolan.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan keamanan untuk obrolan, cukup buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Keamanan > Tampilkan pemberitahuan keamanan dan aktifkan opsi ini. Setelah kamu mengaktifkannya, pada saat kontak mengubah perangkatnya, kamu akan menerima pemberitahuan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait