beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

6 Kesalahan Cuci Muka yang Sering Dilakukan

Kintan Lestari,
28 April 2022 18.54.01 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Kesalahan Cuci Muka yang Sering Dilakukan
Image: Cuci muka. Sumber: Freepik

Jakarta - Cuci muka merupakan langkah awal dalam proses perawatan kulit harian. Tujuannya untuk membersihkan kotoran, debu, minyak, dan sisa makeup yang menempel di wajah supaya wajah bersih dan tidak ada masalah kulit yang muncul. 

Tapi kamu tahu nggak, proses perawatan kulit yang harusnya membuat kulit bersih, justru bisa memunculkan masalah kulit loh?

Rupanya itu terjadi karena kamu tanpa sadar melakukan kesalahan ketika melakukan proses mencuci muka. Apa ya kira-kira kesalahan cuci muka yang mungkin kamu lakukan? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Tidak Pakai Produk yang Tepat

1597731321-rekomendasi-facial-wash-(1).jpgSumber: Rekomendasi facial wash (freepik)

Kesalahan pertama yang kelihatannya sepele tapi sering dilakukan adalah menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Misalnya kulitmu sensitif, tapi kamu malah pakai facial wash yang ada butiran scrubnya. Ya sudah pasti kulitmu malah akan bermasalah. Jadi pastikan sabun pembersih wajahmu sesuai dengan tipe kulitmu.

2. Cuci Muka dengan Tangan yang Kotor

1594799458-bersihkan-muka.jpgSumber: Ilustrasi cuci muka. (freepik)

Kesalahan cuci muka lainnya yang juga sering dilakukan adalah mencuci muka ketika tanganmu masih kotor. Ingat, ada banyak benda yang kamu pegang sebelum memutuskan cuci muka, misalnya ponsel, gagang pintu, atau laptop. Semua benda itu permukaannya penuh dengan bakteri. Jadi kamu bisa bayangkan yang terjadi kalau kamu langsung cuci muka setelah memegang benda-benda itu. 

Yap, betul. Kamu akan mentransfer bakteri dari benda-benda itu ke wajahmu. Bakteri-bakteri tadi akhirnya menyebabkan masalah kulit. Nah, kalau kamu nggak mau hal itu terjadi, pastikan tanganmu bersih sebelum cuci muka.

3. Terlalu Sering Cuci Muka

1598322110-sabun-muka-cowok3.jpgSumber: Ilustrasi cowok mencuci muka (Freepik)

Di luar mungkin cuacanya lagi terik banget. Itu tentu saja menggodamu untuk sering-sering cuci muka bukan. Tapi baiknya jangan dilakukan deh. Terlalu sering mencuci muka justru akan membuat kulitmu kering. Akibatnya bagi pemilik kulit kering, ya kulitmu tambah kering bak di gurun Sahara. Sementara untuk pemilik kulit berminyak, itu akan membuat wajahmu memproduksi lebih banyak minyak lagi guna mencegah kulit kering.

4. Terlalu Sering Eksfoliasi

1622169280-cara-atasi-komedo---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Ilustrasi eksfoliasi. (Freepik/wayhomestudio)

Pengelupasan atau eksfoliasi baik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Dengan menghilangkan sel kulit mata, nantinya wajahmu akan lebih mudah menyerap produk skincare. Karena niatnya ingin kulit bersih, banyak yang akhirnya jadi sering eksfoliasi. Padahal pengelupasan kulit terlalu sering lebih membawa keburukan dibanding kebaikan untuk kulit. Kulit bisa jadi tambah kering dan iritasi. Para ahli merekomendasikan untuk melakukan eksfoliasi seminggu sekali saja.

5. Tidak Pakai Pelembap Setelahnya

1644151700-atasi-jerawat---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Gunakan pelembap wajah agar kulit tetap terhidrasi dengan baik (ilustrasi: freepik-valuavitaly)

Kamu mungkin sudah mencuci muka dengan benar, misalnya dengan sabun pembersih yang sesuai jenis kulit, tidak terlalu sering, dan dengan tangan yang bersih. Tapi masih saja kamu merasa kulitmu jadi kering. Itu mungkin saja karena kamu melewatkan pakai pelembap setelah mencuci muka.

Proses cuci muka menghilangkan kelembapan alami kulit. Untuk itu perlu segera disegel kelembapan yang tersisa supaya tidak semakin banyak yang hilang. Nah, pelembaplah yang bertugas menyegel kelembapan alami kulit sehingga kulit terhidrasi. Jadi pastikan jangan lupa pakai pelembap lagi ya.

6. Tidak Pisahkan Handuk Badan dan Wajah

1595645549-gunakan-handuk.jpgSumber: Ilustrasi handuk (Freepik)

Beberapa orang menggunakan handuk untuk mengeringkan seluruh anggota tubuh, termasuk wajah. Apa kamu salah satunya? Padahal sebenarnya handuk badan dan wajah harus dibedakan, Guys. Itu karena bakteri di tangan dan badan lebih banyak dibanding wajah. Jadi prinsipnya sama seperti cuci muka dengan tangan kotor.

Kamu akan mentransfer bakteri di tangan dan badan ke wajah sehingga penyebaran bakterinya lebih banyak. Maka dari itu, untuk menghindari masalah kulit, pastikan kamu memisahkan handuk wajah dan badan. Jangan lupa juga untuk rutin menggantinya ya.

Itu dia Urbanreaders 6 kesalahan cuci muka yang tanpa disadari mungkin kamu lakukan. Kini kamu sudah tahu kan kesalahannya apa saja, jadi jangan diulangi lagi ya kebiasaan cuci mukamu yang lama.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait