menu
user
URstyle

6 Kuliner Kuah Khas Indonesia, Cocok di Santap saat Musim Hujan

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Kuliner Kuah Khas Indonesia, Cocok di Santap saat Musim Hujan
Image: Bakso. (Pinterest/resepkoki.id)

Jakarta - Cuaca mendung dan udara dingin saat musim hujan memang paling pas menyantap makanan berkuah yang dapat menghangatkan tubuh dan tentunya mengenyangkan.

Nah, kali ini Urbanasia kasih kamu enam rekomendasi kuliner berkuah khas Indonesia yang cocok di santap saat musim hujan.

1. Soto Ayam

1614079416-soto-ayam.jpgSoto ayam. (Pinterest/Tri Hatmi Azani Siregar)

Makanan berkuah kuning yang satu ini sangat variatif dan tentunya setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khasnya sendiri. Tapi, secara umum soto ayam dimasak dengan menggunakan bahan dasar kunyit dan jahe.

Sebab jahe bekerja untuk menghangatkan tubuh secara alami dan menstimulus produksi keringat. Jahe juga punya kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek dan demam.

Senada dengan jahe, kandungan curcumin pada kunyit juga dapat membantu meningkatkan resistensi sel dari kerusakan infeksi dan peradangan. Oleh karena itu, satu porsi soto hangat menjadi hidangan ideal yang bisa kamu santap saat musim hujan.

2. Tongseng

1614079739-tongseng.jpgSumber: Tongseng. (Pinterest/Love Indonesia)

Tongseng adalah makanan khas Boyolali, Jawa Tengah yang juga kaya akan rempah. Makanan satu ini punya citarasa cenderung pedas, sehingga dapat membantu menghangatkan tubuh.

Semua bahan cabai, jahe dan kaldu kambing berbaur jadi satu, menciptakan cita rasa gurih dan pedas. Sensasi nikmat menyantap Tongseng bukan hanya terletak pada rempah dan bumbunya, tapi juga bagian daging kambing seperti iga dan tulang belakang.

Kalau kamu sedang menjalankan program diet, hati-hati ya Urbanreaders. Jangan terlalu banyak dan sering mengonsumsi tongseng kalau kamu nggak mau program dietmu gagal.

3. Sayur Asem

1614080192-sayur-asem.jpgSayur asem. (Pinterest/craftlog)

Kalau masakan yang satu ini sih kayanya selalu ada dalam menu masakan sehari-hari ya, guys. Tapi memang sensasinya akan sedikit lebih berbeda kalau di santap waktu musim hujan.

Meskipun punya rasa yang cenderung asam, sayur asem juga bisa menghangatkan tubuh. Sayur asem ini punya rasa pedas dari ulekan cabai yang dibaurkan bersama bumbu seperti kemiri, lengkuas, bawang merah, bawang putih dan lain-lain.

Sayur asem juga punya rasa manis di dalamnya yang berasal dari gula pasir. Cocok banget nih kalo kamu nikmati bersama hidangan pendamping seperti tempe dan tahu goreng.

4. Rawon

1614080467-rawon.jpgRawon. (Pinterest/Selerasa.com)

Makanan yang punya ciri khas warna hitam pekat ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan temperatur tubuh saat cuaca sedang dingin.

Didalam Rawon terdapat irisan daging sapi yang diolah bersamaan dengan bumbu dan rempah seperti kluwek, bawang merah dan bawang putih lalu diberi kemiri.

Selain itu, biasanya Rawon disajikan dengan sayuran seperti tauge segar dan telur asin rebus. Rawon juga dimasak bersama dengan cabai merah yang dapat menambah citarasa pedas.

Menyantap rawon enaknya didampingi dengan kerupuk udang renyah. Supaya makin nikmat, jangan lupa untuk menambahkan sambel ulek segar untuk membuat sensasi menyantap rawon lebih nikmat.

5. Bakso

1614080550-bakso.jpgBakso. (Pinterest/resepkoki.id)

Kalau makanan yang satu ini sih udah jadi menu favorit semua orang ya. Siapa yang bisa tahan sama godaan bola-bola daging berkuah yang satu ini. Teksturnya yang kenyal, juga kuahnya yang gurih dan hangat membuat banyak orang menyukainya.

Pada umumnya bakso bukan sajian yang 'jahat' kok, karena bakso sendiri umumnya terbuat dari daging sapi yang kaya akan sumber protein dan zat besi.

Bakso sapi juga mengandung banyak mineral, vitamin, dan protein yang diperlukan tubuh. Menurut penelitian yang ada, kandungan protein sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang, melancarkan sistem pencernaan serta meningkatkan aktivitas dan koordinasi antar sel (signaling cell).

Kandungan manfaat yang ada pada bakso, tentunya bisa banget kamu dapetin kalau kamu sendiri yang membuat baksonya, karena kamu bisa membuat bakso daging tanpa lemak dan kamu juga bisa mengontrol porsi bakso yang akan kamu santap nantinya.

Kalau kamu mau lebih sehat, kamu juga bisa menambahkan sayur-sayuran hijau seperti sawi dan tauge untuk membantu mencukupi kebutuhan serat kamu sehari-hari.

6. Sayur Lodeh

1614081373-sayur-lodeh.jpgIlustrasi sayur lodeh. (Pinterest/harianresep.blog.id)

Olahan sayuran yang berasal dari daerah Jawa Tengah ini biasanya identik dengan warna putih. Rasa yang gurih dari santan berpadu dengan sayuran seperti daun melinjo, kacang panjang, labu siam dan lain-lain.

Sayur lodeh punya cita rasa yang cenderung pedas dari cabai yang diulek bersama bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan kemiri.

Rasa gurih dari santan dan bumbu-bumbu berpadu dengan pas. Hidangan ini cocok di santap dengan telur dadar, tahu goreng, dan tempe goreng sebagai asupan proteinnya. 

Kamu juga bisa menambahkan potongan jagung rebus ke dalam hidangan ini.

Gimana nih Urbanreaders, tertarik untuk membuat salah satu masakan di atas?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait