menu
user
URstyle

6 Manfaat Witch Hazel buat Kecantikan Kulit

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Manfaat Witch Hazel buat Kecantikan Kulit
Image: Witch Hazel. (Foto: Pinterest/gardendesign)

Jakarta - Urbanreaders, pastinya pernah melihat kandungan witch hazel dalam produk skincare, kan? Sebenarnya apa sih witch hazel ini dan kenapa tanaman ini banyak dicari manfaatnya untuk kecantikan kulit?

Witch hazel adalah tanaman herbal yang tumbuh di Amerika sebelah Utara, dan sering digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk merawat kesehatan serta kecantikan kulit, guys. 

Tanaman ini banyak dimanfaatkan daun dan kulit kayunya untuk dibuat menjadi teh dan juga bahan baku pembuatan obat tradisional. Manfaat yang utama dari tanaman ini adalah antiinflamasi alias mengatasi peradangan dan kulit sensitif.

Lantas, apa sih manfaatnya buat kecantikan kulit? Yuk, simak ulasan manfaat witch hazel seperti dilansir dari Healthline berikut ini.

1. Mengatasi Jerawat

1612678536-rekomendasi-obat-jerawat-freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Ilustrasi wajah berjerawat (Freepik/wayhomestudio)

Berdasarkan sejumlah penelitian, sifat antiinflamasi dalam witch hazel mampu mengobati jerawat, terutama yang meradang. Bahan ini juga mengandung antibakteri, sehingga menjauhkan jerawat dari infeksi.

2. Memperbaiki Kerusakan Kulit

1614169373-pexels-photo-3771830.jpeg-reaksi-kulit-pixabay-by-Andrea-Piacquadio.jpegSumber: Ilustrasi reaksi kulit wajah. (Pixabay/Andrea Piaquadio)

Paparan sinar matahari, debu, dan kotoran dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel kulit. Witch hazel memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel kulit dan mengembalikan kondisi kulit menjadi lembut dan kenyal.

3. Antiinflamasi

1614393409-Antiinflamasi.jpgSumber: Antiinflamasi. Foto: (Freepik/shittiphong)

Tak hanya peradangan akibat jerawat, witch hazel dapat juga mengatasi peradangan dan kemerahan akibat gigitan serangga dan juga sengatan sinar matahari. Bahan ini akan memberi rasa nyaman dan menenangkan kulit yang terasa perih akibat peradangan.

4. Mengendalikan Produksi Sebum

1614393476-Sebum.-Freepik-spukkato.jpgSumber: Mengendalikan Produksi Sebum. (Foto: Freepik/spukkato)

Witch hazel kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Produksi minyak berlebih pada wajah akan mengakibatkan berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat.

5. Menghaluskan Kulit

1602209065-kehalusan-kulit.jpgSumber: Ilustrasi kulit wajah (Freepik)

Witch hazel dapat membantu mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, dan juga membuat warna kulit lebih merata. Dengan begitu, kulit wajah kamu akan terlihat lebih halus, mulus, dan lebih kencang.

6. Mengatasi Iritasi

1614393570-iritasi---doucefleur.jpgSumber: Mengatasi Iritasi. (Foto: doucefleur)

Kulit yang sensitif sangat mudah mengalami iritasi. Mengaplikasikan lotion berbahan witch hazel akan membantu meredakan iritasi seperti kemerahan, perih, maupun gatal-gatal.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait